Berlibur Ke Malang? Hal-hal berikut ini wajib kamu ketahui sebelum kamu melancong ke Malang

Berlibur Ke Malang? Hal-hal berikut ini wajib kamu ketahui sebelum kamu melancong ke Malang

Berlibur ke Malang – Kota wisata Malang, siapa yang tak mengenalnya, kota yang terkenal sejuk ini (dulu) menjadi salah satu destinasi bagi siapapun yang ingin berwisata alam, melanjutkan pendidikan dan lain sebagainya. Yang pastin ada banyak tempat wisata di Malang yang bisa kamu kunjungi. Dan bicara pendidikan, kota ini juga dikenal memiliki banyak kampus berkualitas mulai dari negeri sampai dengan swasta, maka tak heran kota Malang dikenal sebagai kota pendidikan.

Tapi kali ini kita tidak akan banyak membahas tentang destinasi wisata alam maupun kampus-kampus yang ada di Malang, kalaupun ada mungkin ndak banyak sebab ada banyak artikel di luar sana yang membahas tentang Malang lebih lebih tentang wisata alamnya maupun pendidikannya, tetapi disini penulis mencoba menulis hal-hal tentang Malang dari sudut pandang lain sejauh yang penulis ketahui. Berikut adalah beberapa hal yang penulis rangkum dari berbagai sumber, termasuk hipwee.com

Malang Itu Kota Sejuk, tapi…

Malang memang dikenal sebagai kota yang sejuk, bahkan sampai saat artikel ini kamu baca, Malang tetaplah dikenal sebagai kota yang sejuk. Masih sangat jelas dalam ingatan, saat saya beraktivitas di Malang, di luar ruangan sekalipun, sama sekali tidak merasakan teriknya matahari. Cuma sayangnya itu dulu, kurang lebih 13 tahun yang lalu. 6 tahun kemudian saat menjadi mahasiswa, Malang masih dengan ciri khasnya, tetap sejuk seperti biasanya. Airnya cukup membuat wajah kaku sebab dinginnya. Tapi sekali lagi itu dulu, saat ini Malang telah menjadi kota besar banyak lahan hijau yang berubah menjadi bangunan, Malang sudah mengikuti ciri kota besar padat dan lebih hangat dari sebelumnya. Hehe

Lamaaa sekali ya, hehe, meski begitu, jangan keburu broken heart deh. Saat ini, Malang still cool, ya walau pun kadarnya berkurang. Ingat, globalisasi melanda hampir semua belahan dunia! Penasaran? Coba deh, cus ke Malang. Rasain sensasi hangat dan dingin menyatu dalam dekapan kota Malang!

Apel Batu atau Apel Malang?

wisata petik apel batu - malang
via batutimes.com

Pernah dengar apel Malang? Bagi penikmat buah apel tentu paham ya. Buah yang menjadi buah yang menjadi ciri khas oleh-oleh jika melancong ke Malang. Tapi ada yang menarik dari buah yang satu ini, apakah benar bernama apel Malang? Ternyata faktanya apel tersebut sebenarnya bernama apel batu tetapi karena Malang lebih dikenal maka lebih dikenalah sebagai apel Malang. Saat ini Batu sudah menjadi kota madya, sehingga apel Malang pun berangsur kembali bernama apel Batu.

Warung Murah Meriah

Bagi kamu yang mau backpacker-an atau sedang berlibur ke Malang sepertinya wajib tahu yang satu ini. Selain ramah kantong yang terpenting adalah porsi super ala mahasiswa. Nasi menggunung lauk secuil adalah pemandangan khas mahasiswa. Dari anak UIN biasa nongky ke lalapan Warung Pink, kemudian warung padang sekitaran Lamian tempat mahasiswa UB yang khas dengan nasinya yang unlimited.

Ada lagi, Prasmanan Mama yang berlokasi di sekitaran kampus Polinema, warung ini selalu ramai diserbu anak-anak Polinema hingga warung legendaris Mak Par yang pedasnya melegenda yang berlokasi di sekitaran perumahan dosen Polinema, Joyogrand. Penulis masih ingat warung ini dulunya hanya gubuk kecil, terakhir mampir warung ini telah direnovasi dan WOW, warung Mak Par telah berubah menjadi bagunan dua lantai, kek apa tu rasanya? Pasti sedap bin nikmat!

Nongkrong? Coba Ke Suhat atau Joyogrand

cafe outdoor malang
via ongistravel.com

Suhat atau kepanjangan dari Soekarno-Hatta, jalan sepanjang arah ke utara yang berada di depan kampus Polinema ini dipastikan ramai (kecuali hujan) saat magrib sampai tengah malam. Bagaimana tidak ramai sepanjang jalan ini bertabur cafe dengan berbagai konsep yang ditawarkan. Bermacam-macamlah, tinggal kamu pinter-pinter mana yang ramah kantong.

Oya kalo kamu pengen yang ada view dari ketinggian, tidak jauh dari warung Mak Par disekitaran daerah Joyogrand, agak naik ke atas kamu bakal menemukan beberapa cafe yang menawarkan konsep berupa landscape yang ciamik dari ketinggian, apalagi kalo malam hari, nuansanya romantis kok cocok buat kamu yang sudah berpasangan, berpasangan halal tentunya hehe. Jadi kalo kamu sedang berlibur ke Malang tidak ada salahnya mencoba sesekali nongkrong bareng saudara atau sahabat di tempat-tempat tersebut.

Malang Ramah Parkir?

malang ramah parkir?
via tribunnews.com

Nah sepertinya ini penting untuk kamu ketahui sebelum berlibur ke Malang atau hanya sekedar mampir, apalagi kalo kamu sebelumnya belum pernah ke Malang, jadi Malang itu di mana-mana ada parkir, hampir di setiap sudut kota selalu ada mas parkir yang setia menjaga, sekali parkir sepertinya masih sekitaran Rp.2000-an. Kebayang kalo kamu berhentinya beberapa kali di beberapa lokasi yang berbeda, berapa duit yang habis cuma buat parkir.

Curhat ni ya, saya pernah ke fotocopy, parkir 2.000, terus beli titipan temen di Indom*rt parkir lagi 2.000. Kemudian mampir sholat di masjid bayar parkir 2.000, beli makan ada parkir lagi dan parkir lagi, mana-mana ada tukang parkir. Meski kalo dipikir-pikir, 2.000 nilai yang tak seberapa dibanding keamanan kendaraan kita. Tapi bisa tekor juga kalo ndak ada tindakan penertiban dan peningkatan keamanan yang nyata dari pemerintah, ya ndak? Apalagi, kalo kita mahasiswa perantau. Hm… catet ni ya!

Mau Berlibur ke Malang tapi Ndak Mau Repot? Cari Agen Travel aja

wisata bromo midnight private
via sobatpiknik.com

Kalo traveling biasanya pengennya simple dan ndak repot kan. Solusinya kamu bisa memanfaatkan jasa agen travel di kota setempat. Sebagai kota wisata dapat dipastikan agen travel menjamur di kota Malang, tetapi apakah semuanya memiliki kualitas pelayanan yang sama? Belum tentu, kamu harus pinter-pinter menyurvei jika perlu kamu harus jeli membaca review agen travel yang ada.

Penulis sendiri memiliki rekomendasi agen travel Malang yang penulis kira sangat konsen terhadap kepuasan customernya, salah satunya sobatpiknik.com. Kenapa? Mestinya yang tau, ngerti dan paham Malang lah. sobatpiknik.com memiliki pelayanan oke, guide yang professional, dan juga ramah rasanya seperti teman sendiri jadi cocok buat yang kamu lagi pengen berlibur ke Malang, terutama yang deket-deket Malang tapi ndak kalah memukau dan menantang: BROMO! Yap Wisata Bromo menjadi salah satu pilihan kalo kamu sedang berlibur ke Malang.

Selain itu agen travel Malang terpercaya lainnya adalah ongistravel.com, dapat dilihat dari berbagai review, hampir secara keseluruhan memberikan review positif terhadap pelayanan ongistravel.com. Kamu tinggal memilih paket wisata Malang sesuai dengan keinginanmu.

Dengan kemudahan akses ke malang bisa melalui stasiun Malang, terminal Arjosari atau bandara Malang, bandara Abdurrahman Saleh.

Penutup

Berlibur ke Malang itu memang wisata alamnya yang menjadi daya tarik namun tempat-tempat di atas kadang bagi orang-orang tertentu sudah sangat cukup untuk melepas kangen, apalagi bagi orang-orang mengenang masa-masa perjuangan, kuliah, dan yang pasting cukup ramah di kantong lah.

Setiap tempat selalu ada kisah yang bisa dibagi, baik suka maupun duka. Semuanya tidak terlepas dari dua hal tersebut. Tinggal bagaimana kita memandangnya, dan yang pasti selalu ada hikmah di setiap perjalanan yang bisa dipetik. Jangan bosan untuk ber-traveling sebab agama sendiri menganjurkan kita untuk merantau sebab ada nilai yang mungkin hanya bisa kita dapat dari satu tempat yang hal itu belum tentu bisa didapatkan di tempat yang lain.

Sebagai penutup, kalo berwisata tetaplah jaga sikap, juga jaga kebersihan ya sobat, ndak nyampah sembarangan agar tetap asri setiap lokasi yang kita datangi.

Leave a Comment