Cara menulis daftar isi – Hai sobat, bune haba? Sebelumnya kita sudah membahas bagaimana contoh kata pengantar, kali ini kita akan belajar membuat daftar isi. Nah kali ini khusus pegiat OpenSource.

Seringnya saat membeli laptop atau PC baru biasanya tanpa sistem operasi, nah disini sama yang jual laptop ditawarin diinstall windows ndak? Biasanya kalo awam kita manut aja.
Padahal tindakan itu dinamakan PEMBAJAKAN, kalo ketangkap biasanya laptop disita kitanya didenda hehe..

Ada alternatif lain, yaitu dipasangin linux, sebuah sistem operasi yang OpenSource. Nah ini yang recommended. Selain linux bebas dari segala macam virus dan yang paling membahagiakan adalah KEBERKAHAN karena  linux free alias gratis, tidak ada istilah pembajakan, itu bedanya linux dengan sistem operasi lain hehe. Kembali ke topik utama tentang cara menulis daftar isi secara otomatis, di bawah ini dijelaskan beberapa definisi dan langkah-langkah menulis daftar isi bagi pengguna LibreOffice.

Definisi Daftar Isi

Daftar isi adalah halaman yang berisi informasi tentang penomoran halaman.

Daftar isi bisa ditemukan di setiap karya tulis, mulai dari buku, novel, makalah, laporan, proposal, dan skripsi. Bahkan di dalam karya tulis ilmiah, daftar isi adalah bagian yang wajib ada. Melalui daftar isi, pembaca bisa dengan mudah mencari halaman dari topik yang ingin dicari.

Secara umum membuat daftar isi di LibreOffice tidak jauh berbeda dengan membuat daftar isi di Microsoft Word, perbedaan hanya ada pada letak atau posisi dari menu yang digunakan untuk membuat daftar isi tersebut.

Berikut adalah langkah – langkah menulis daftar isi di LibreOffice.

  1. Buka document baru LibreOffice.cara membuat kata pengantar otomatis
  2. Klik dua kali pada ruler, maka akan muncul “L” pada ruller bersamaan kotak dialog ini. Klik “Ok”cara menulis daftar isi - memilih tab
  3. Pilih tab “Tabs”. Pastikan Type berupa “Left”. Kemudian pilih “Fill Character” berupa garis putus-putus dan simpan pengaturan.cara menulis daftar isi - memilih fill character
  4. Tuliskan nama bab yang akan dimasukkan dalam daftar isi. Tekan tombol “Tab” di keyboard maka garis putus-putus akan secara otomatis muncul, diakhir garis isikan dengan nomor halaman.cara menulis daftar isi - klik taby pada keyboard
  5. Untuk membuat baris baru, cukup menekan tombol “Enter” di keyboard dan lakukan hal yang sama seperti di point ke 3 lakukan sebanyak bab yang ada. Agar tulisan rapi cukup melakukan pengaturan rullernya.cara menulis daftar isi - ulangi poin 2 sampai 4

Mudah bukan? Jadi tidak terlalu banyak perbedaan dalam membuat daftar isi antara LibreOffice dan Microsoft. Semoga bermanfaat!

3 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *