Contoh Kata Pengantar – Hai sobat, kali ini kita akan membahas “Bagaimana menyusun kata pengantar karya tulis yang baik dan benar”. Contoh Kata Pengantar Karya tulis itu bisa berupa makalah, laporan, proposal, buku, skripsi, tesis, dan lain sebagainya. Saat menyusun makalah, laporan, skripsi dan buku ilmiah itu kata pengantar wajib ada.

Melalui kata pengantar tersebut pembuat makalah atau penulis menyampaikan rasa syukur atas terciptanya karya, dimulai dari syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, Keluarga, Pembimbing, Sahabat, dan orang-orang yang terkait.

Selain ucapan syukur, kata pengantar juga berisi tentang gambaran umum dari makalah atau laporan serta buku yang sudah dibuat. Terkadang juga ditambahi dengan sedikit latar belakang ataupun permasalahan yang akan dibahas dalam isi makalah atapun laporan.

Bagian yang juga tidak kalah penting dari kata pengantar adalah kalimat harapan dan kritik. Nah ini biasanya penulis mengharapkan manfaat sesuai dengan isi dari makalah yang telah disusun, saran dan kritik dari pembaca.

Definisi Kata pengantar

Kata Pengantar adalah halaman yang berisi ungkapan rasa syukur penulis, ucapan-ucapan terima kasih, tujuan dan harapan penulis terhadap karyanya serta kritik atau saran yang membangun. Kata pengantar terdiri atas 3 bagian utama yaitu pembukaan, isi, dan penutup.

Susunan contoh kata pengantar yang baik dan benar

susunan contoh kata pengantar
pixabay.com

Contoh Kata pengantar, Kata Pengantar pada umumnya terdiri atas 3 bagian utama yaitu pembukaan, isi, dan penutup.

  1. Pembukaan

    Pembukaan kata pengantar biasanya berisi ucapan rasa syukur penulis atas selesainya penulisan. Diawali dengan rasa syukur dan pujian kepada Tuhan Yang Maha Esa, dilanjutkan kepada keluarga, sahabat, dan orang-orang yang membantu dalam proses penyusunan karya tulis.

  2. Isi

    Isi kata pengantar berisi gambaran umum isi dari karya tulis yang disusun. Biasanya dimulai dengan menjelaskan permasalahan atau latar belakang lalu dilanjutkan dengan solusi yang nantinya akan dibahas dalam karya tulis.

  3. Penutup

    Bagian penutup kata pengantar biasanya berisi permohonan maaf dan harapan penulis tentang karya tulis yang telah dibuat. Tentu setiap karya selalu ada kekurangannyanya ya, maka permohonan maaf disampaikan atas kekurangan dalam menyusun karya tulis.

    Dan yang terakhir dalam menyusun kata pengantar, harapan tentang manfaat serta kritik dari pembaca. Penulis mengharapkan manfaat karya tulis yang dibuat serta kritik dari pembaca untuk perbaikan penulisan berikutnya.

Jadi 3 point itu menjadi standar susunan penulisan kata pengantar yang baik dan benar. Selebihnya bisa dikembangkan sesuai dengan keinginan sobat sendiri.

Baca Juga : Cara Membuat Daftar Isi Otomatis dengan Mudah.

Contoh Kata Pengantar

Contoh Kata Pengantar Makalah Agama

contoh kata pengantar skripsi
www.pixabay.com

Kata Pengantar

        Segala puji bagi Allah SWT, yang senantiasa melimpahkan rahmat serta karunia-Nya kepada penulis sehingga dapat menyelesaikan makalah dengan judul “Karakteristik Manusia Ulul Albab dalam Al Qur’an” ini. Shalawat serta salam penulis haturkan kepada Rasulullah SAW yang menjadi teladan terbaik bagi umat manusia. Rasul yang membawa kita dari jalan gelap menuju cahaya.

          Terima kasih tak lupa penulis sampaikan kepada Bapak Firmansyah, S. Pd M. Si selaku dosen pembimbing dalam penulisan tugas ini. Terima kasih penulis haturkan kepada ayahanda dan ibunda tercinta yang selalu mendoakan kesuksesan penulis dalam menimba ilmu di perantauan. Serta kawan-kawan seperjuangan yang selalu punya cara untuk menghibur kala penat mendera.

          Penyusunan makalah ini dalam rangka tugas akhir semester mata kuliah Tarbiyah Ulul Albab yang diampu oleh Bapak Firmansyah, S. Pd M. Si. Makalah dengan judul “Karakteristik Manusia Ulul Albab dalam Al Qur’an” memaparkan karakter yang mencerminkan ulul albab dengan menyertakan dalil-dalil dari Al Qur’an dan penjelasan hadist dari Rasulullah SAW yang terkait.

        Penulis menyadari dalam penulisan makalah ini terdpat banyak kekurangan. Penulis mengharapkan kritik dan saran dari pembaca. Harapan penulis makalah ini bisa bermanfaat bagi pembaca dan bagi penelitian berikutnya.

Malang, Februari 2015

Penyusun

Demikianlah contoh kata pengantar makalah agama yang berupa tugas akhir mata kuliah.

Contoh Kata Pengantar Makalah PKN

Kata Pengantar

Pertama-tama kami ucapkan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan hidayah-NYA serta keluasan ilmu-NYA sehingga kami dapat menyelesaikan makalah Pendidikan Kewarganegaraan ini dengan baik.

Makalah yang berjudul “Tenggang Rasa di Lingkungan Kota dan Desa” disusun untuk memenuhi tugas mata Pelajaran PKN yang diampu oleh Bapak Susilo, S.Pd. Makalah ini telah kami susun dengan baik dan saksama berdasarkan survei lapangan yang disertai dengan landasan teori dari seluruh referensi yang terkumpul sehingga dari beberapa refrensi tersebut kami pilih untuk dijadikan referensi utama. Tidak pula dipungkiri bahwa bantuan dari banyak pihak yang dengan sukarela membantu kami sehingga mempermudah proses penyusunan makalah ini.

Kami sebagai penyusun menyadari akan adanya beberapa kekurangan dalam susunan makalah kami, sehingga saran dan masukan dari pembaca kami harapkan untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan dalam susunan makalah ini di penyusunan makalah berikutnya.

Besar harapan kami bahwa makalah ini bisa bermanfaat bagia siapapun yang membacanya, serta dapat menjadi sumber kontribusi penambahan pengetahuan bagi para pembaca.

Magetan, 17 Oktober 2016

Penyusun

Demikianlah contoh kata pengantar makalah PKN, semoga dapat menjadi referensi dalam penyusunan makalah PKn, khususnya dalam penyusunan contoh kata pengantar makalah.

Contoh Kata Pengantar Makalah Fisika

Kata Pengantar

Puji syukur kehadirat Allah SWT, atas segala limpahan rahmat, nikmat serta karunia-Nya yang tak ternilai dan tak dapat dihitung. Sehingga saya dapat menyusun dan menyelesaikan makalah ini baik bentuk dan isinya yang sederhana tepat pada waktunya. Makalah dengan judul “ Kemagnetan dan Manfaatnya dalam Kehidupan Sehari-hari “ disusun untuk memenuhi tugas pelajaran Fisika.

Makalah ini berisi tentang informasi Pengertian Magnet, cara pembuatan juga berbagai kegunaan magnet di kehidupan sehari-hari. Diharapkan makalah ini dapat memberikan manfaat dan informasi kepada siapapun yang membacanya, terlebih untuk pengetahuan lebih mengenai magnet.

Tiada gading yang tak retak, saya menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu saya harapkan kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun demi kesempurnan makalah ini.

Akhir kata, saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak atas partisipasinya dalam membantu proses penyusunan makalah ini.

Surabaya, 30 Januari 2015

Penyusun

Demikianlah contoh kata pengantar makalah Fisika yang sederhana, semoga bisa bermanfaat bagi pembaca semua.

Contoh Kata Pengantar Makalah Biologi

Kata Pengantar

Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT atas segala rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan makalah Biologi yang berjudul “Kandungan zat-zat dalam kulit manggis serta manfaatnya bagi tubuh” yang disusun dengan sangat sederhana.

Secara umum makalah ini berisikan pembahasan dimlai dari kandungan-kandungan yang ada dalam kulit manggis, cara mengolah, serta masing-masing manfaat untuk tubuh.

Penulis berharap agar makalah ini dapat bermanfaat bagi siapapun yang membacanya dan semoga kedepannya dapat dipergunakan sebagai salah satu referensi dalam menyusun pola hidup sehat juga referensi dalam mengantisipasi penyakit-penyakit kronis yang memungkinkan menimpa orang-orang di sekitar.

Disadari bahwa segala sesuatu tentu ada sisi ketidaksempurnaan maka besar harapan penulis akan kritik dan saran dari pembaca demi penyempurnaan makalah ini kedepannya. Semoga banyak manfaat yang dapat diperoleh melalui makalah ini. Amin.

Malang, 20 Februari 2017

Penulis

Demikianlah contoh kata pengantar makalah Biologi yang sederhana, semoga bisa bermanfaat bagi pembaca semua.

Contoh Kata Pengantar Makalah Bahasa Indonesia

Kata Pengantar

Puji syukur kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan karunia-NYA sehingga penulis bisa menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya. Tak lupa kami kirimkan shalawat serta salam kepada junjungan Nabi Besar Muhammad SAW. Beserta keluarganya, para sahabatnya, dan seluruh insan yang dikehendaki-Nya.

Makalah ini ini disusun bertujuan untuk memenuhi tugas kelompok mata kuliah Kapita Selekta Bahasa Indonesia yang kami berjudul Penyusunan Tata Kalimat Bahasa Indonesia (Sintaksis).

Makalah ini mencoba membahas tentang pengertian sintaksis, serta struktur internal kalimat yang terdiri dari frase, klausa, dan kalimat.

Dalam proses penyusunan makalah ini, kami mendapatkan bantuan serta bimbingan dari beberapa pihak. Oleh karena itu, kami mengucapkan terima kasih kepada. Dra. Yulianti, S.Pd. M.Pd., selaku dosen mata kuliah Kapita Selekta Bahasa Indonesia. Tak lupa kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam proses penyusunan makalah ini yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu..

Kami cukup menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna. Karena itu kami mengharapkan saran dan kritik yang bersifat membangun demi perbaikan makalah di penyusunan makalah yang akan datang. Harapan kami semoga makalah ini bermanfaat dan memenuhi harapan berbagai pihak. Amiin.

Bandung, April 2015

Penyusun

Demikianlah contoh penulisan dan penyusunan contoh kata pengantar yang diperuntukkan dalam penyusunan makalah bahasa Indonesia.

Contoh Kata Pengantar Makalah Sejarah

Kata Pengantar

Segala puji bagi Allah SWT, Tuhan semesta alam atas segala rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami bisa menyelesaikan penyusunan makalah sejarah dengan judul “Sejarah Perkembangan Islam di tanah Bima”. Shalawat serta salam senantiasa kami haturkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW.

Secara umum makalah ini berisikan tentang sejarah perkembangan Islam di tanah Bima. Dimulai dari proses masuknya Islam, kondisi kesultanan Bima dan masyarakat, serta proses penyebarannya.

Kami menyadari makalah yang dibuat ini tidaklah sempurna. Oleh karena itu, besar harapan kami akan kritik dan saran yang bersifat membangun atas penyusunan dan perbaikan makalah ini.

Demikian makalah ini kami susun. Semoga dapat bermanfaat bagi siapapun yang membacanya. Amin.

Bima, 4 Juni 2017

Penulis

Demikianlah contoh kata pengantar makalah sejarah. Semoga dapat bermanfaat. Amin

Contoh Kata Pengantar Laporan Praktikum Kimia

Contoh Kata Pengantar Laporan Praktikum Kimia
pixabay.com

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, atas banyaknya limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan praktikum Kimia Dasar I Pemisahan Campuran (Filtrasi dan Sublimasi).

Adapun penulisan laporan praktikum ini bertujuan untuk memisahkan campuran yang terdapat dalam minuman bersoda dan untuk melakukan pemurnian naftalen.

Selama proses pelaksanaan praktikum sampai dengan penyusunan laporan praktikum ini tentu penulis menemui berbagai kendala yang tidak bisa penulis pecahkan sendiri. Oleh karenanya begitu banyak pihak yang telah membantu sampai dengan proses penyusunan laporan ini seleasi.

Oleh karenanya, penulis mengucapkan terimakasih kepada Bapak Pembimbing Mata Kuliah Kimia Dasar beserta Asisten Laboratorium yang telah senantiasa membimbing penulis dimulai dari pelaksanaan praktikum sampai dengan tahap menyelesaikan laporan ini.

Tak lupa penulis menghaturkan ucapan terimakasih yang dalam kepada banyak pihak yang telah membantu membimbing dan memberi masukan selama proses penyusunan laporan percobaan ini.

Dalam menyusun laporan praktikum ini, penulis menyadari begitu banyaknya kekurangan yang terdapat di dalam penyusunan laporan praktikum ini. Oleh karena itu, penulis sangat mengharapkan masukan, kritik dan saran dari berbagai pihak agar laporan praktikum ini bisa menjadi lebih baik terlebih untuk penyusunan laporan praktikum berikutnya.

Semarang, Agustus 2016

Penyusun

 Demikianlah adalah contoh kata pengantar yang diperuntukkan laporan praktikum kimia.

Contoh Kata Pengantar Laporan Magang

Kata Pengantar

Bismillah,
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat, hidayah dan inayah-Nya sehingga penulis bisa menyelesaikan laporan magang ini dengan judul “Pemanfaatan Jaringan LAN dalam efisiensi pekerjaan, biaya, dan penggunaan alat di CVSarana Bhakti Utama“.

Tidak lupa penulis menyampaikan rasa terima kasih yang tidak terkira kepada semua pihak yang telah begitu banyak membantu, mengajarkan, dan berkontribusi positif selama proses kegiatan magang hingga dengan penyusunan laporan magang ini selesai. Terutama kami ucapkan terima kasih kepada:

  1. Bapak Amin selaku Pimpinan CV Sarana Bhakti Utama

  2. Bapak Hendra sebagai Kepala Divisi IT CV Sarana Bhakti Utama

  3. Seluruh staff divisi IT CV Sarana Bhakti Utama

  4. Seluruf staff dan karyawan CV Sarana Bhakti Utama

  5. Seluruh pihak yang ikut serta membantu penyusunan laporan ini.

Penulis menyadari akan segala keterbatasan yang ada, laporan magang ini tentu tidaklah sempurna dan masih jauh dari kata sempurna, maka kritik dan saran yang membangun sangat penulis butuhkan guna penyempurnaan laporan ini kedepannya.

Semoga laporan magang ini dapat bermanfaat bagi semua orang terutama untuk para pembaca.

Malang, 12 Maret 2013

Penulis

Demikian adalah salah satu contoh kata pengantar yang diperuntukkan dalam penyusunan laporan magang.

Contoh Kata Pengantar Laporan Praktek Kerja Industri

Kata Pengantar

Segala Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT atas petunjuk, rahmat, dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan Laporan Pelaksanaan Praktek Kerja Industri di PT Indolakto, Pasuruan tanpa ada kendala apapun sesuai dengan waktu yang telah disepakati.

Laporan ini disusun berdasarkan pengalaman dan ilmu yang diperoleh selama melaksanakan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN). Penyusunan laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) ini adalah salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Akhir Sekolah (UAS) dan Ujian Akhir Nasional (UAN) dan laporan ini sebagai bukti bahwa penulis telah melaksanakan dan menyelesaikan Praktek Kerja Industri di PT Indolakto, Pasuruan.

Laporan Pelaksanaan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) yang telah disusun ini dibuat dalam rangka memenuhi tugas dari Sekolah dan sebagai bahan pertanggung jawaban atas kegiatan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) di Dunia Usaha dan Dunia Industri (DU/DI). Penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang membantu secara moral maupun materi selama kegiatan PRAKERIN terutama kepada:

  1. Bpk. Iwan Setiawan S.P.,M.MPd, selaku kepala sekolah SMK Negeri 1 Pasuruan.

  2. Bpk. Dadan Ramadhan selaku pimpinan perusahaan.

  3. Bpk. Yuli Triastuti, S.Pd, selaku Wakasek Hubin.

  4. Bpk. Amir Apriadin, ST.

  5. Ibu Liana Ely Sumiati selaku pembimbing sekolah I.

  6. Bpk. Bambang Eko Waluyo selaku pembimbing sekolah II.

  7. Bpk. Joko Sutrisno selaku pembimbing perusahaan.

  8. Guru-guru SMK Negeri 1 Pasuruan yang telah membantu dalam menyusun laporan.

  9. Orang tua yang telah memberikan dorongan motivasi yang tinggi.

  10. Teman-teman yang telah memberikan bantuan dan motivasi.

Penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan yang terdapat pada penyusunan laporan ini serta masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun sangat diharapkan demi kesempurnaan laporan ini. Akhir kata penulis mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila dalam pembuatanlaporan ini banyak kesalahannya. Serta semoga laporan ini dapat bermanfaatkhususnya bagi penulis, umumnya bagi kita semua dan bagi pihak yang membutuhkan dalam Teknologi Komunikasi dan Informatika.

Pandaan ……………… 2012

Penulis

Diatas adalah salah satu contoh kata pengantar yang diperuntukkan laporan prktek kerja industri.

Contoh Kata Pengantar Proposal Penelitian

KATA PENGANTAR

Bismillah, segala puji kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis mampu menyelesaikan penyusunan proposal penelitian ini dengan judul “Sistem Pendukung Keputusan Keuangan Studi Kasus Keuangan RS Harapan Bunda” .

Tujuan penyusunan proposal penelitian ini adalah sebagai syarat wajib dalam pengajuan penyusunan tugas akhir prodi S1 Teknik Informatika Universitas Dharma Bakti. Sistem Pendukung Keputusan diambil sebagai solusi permasalahan dalam proses perencanaan keuangan yang sering dihadapi pihak RS Harapan Bunda. Penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah banyak membantu dan membimbing penulis dalam penyusunan proposal penelitian ini. Pada kesempatan kali ini penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada:

  1. Bapak Dr. Anik Sutiono S. Kom, M. Kom, Dekan Fakultas Teknologi Informasi Dharma Bakti.

  2. Bapak Budi Nandar, S. Si, M.Kom selaku dosen pembimbing.

  3. Bapak Agus Nashir S. Kom, M. Kom, selaku dosen wali.

Berbagai pihak yang tidak bisa penulis sebutkan satu-persatu yang sudah banyak membantu penulis baik itu secara langsung ataupun tidak langsung dalam menyelesaikan proposal penelitian ini.

Penulis menyadari akan banyaknya kekurangan yang ada di proposal penelitian ini. Oleh karenanya, penulis mengharapkan saran dan kritiknya dari semua pihak guna agar menjadi bahan perbaikan dalam penyusunan proposal penelitian kedepannya.

Semoga proposal penelitian ini bisa bermanfaat dan dimanfaatkan bagi siapapun yang membaca, Amin.

Yogyakarta, 12 Januari 2015

Penulis

Demikian salah satu contoh kata pengantar yang diperuntukkan dalam penyusunan proposal penelitian atau proposal skripsi.

Contoh Kata Pengantar Skripsi

Contoh Kata Pengantar Skripsi
pixabay.com

Kata Pengantar

         Alhamdulillah, atas limpahan kasih sayang, rahmat, taufik dan hidayahNya. Segala hal sejatinya dari Allah SWT. Laa haula wa laa quwwata illa billah. Sholawat serta salam semoga senantiasa kita haturkan kepada Rasulullah SAW yang karena dakwah Rasulullah SAW kita bisa mengenal indahnya Islam.

            Sungguh anugerah yang tiada terkira dari Allah SWT penulis dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul “Nilai Pendidikan Karakter Jujur dalam Lingkungan Keluarga Muslim di Wilayah Joyosuko Malang”. Skripsi ini dibuat sebagai syarat kelulusan studi pada jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Penulis menyadari dalam penulisan skripsi ini, tidak lepas dari bantuan berbagai pihak. terima kasih penulis haturkan kepada:

  1. Bapak Prof. DR. H. Imam Suprayogo, selaku Guru Besar Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
  2. Bapak Prof. H. Mudjia Raharja, M. Si, selaku Rektor Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
  3. Bapak Dr. H. M. Zainuddin, MA selaku Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
  4. Bapak Dr. H. Moh. Padil, M. Pd. I selaku Ketua JUrusan Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
  5. Ustadz Dr. Abdul Basith, M. Si selaku pembimbing skripsi, yang dengan kesabaran dan ketelatenannya menyisihkan waktu untuk membimbing dan memberi masukan pada penulis hingga terselesaikannya skripsi ini.
  6. segenap Bapak dan Ibu dosen Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, atas segala bimbingan dan ilmu yang diberikan selama ini.
  7. Keluarga Bapak Muh. Nur Hakim, keluarga Bapak Lutfil Hakim dan keluarga Ibu Rosyifah yang telah bersedia berbagi ilmu tentang pendidikan keluarga.
  8. Ibunda dan Ayahanda tercinta, kedua kakak penulis: sumber mata air cinta dan kasih sayang yang hangat dan murni.
  9. Semua sahabat yang didekatkan Allah kepadaku.
  10. Orang-orang yang telah menginspirasi penulis dalam membuat skripsi ini.

     Akhirnya, seperti kata pepatah “Tiada gading yang tak retak”, sekalipun penulis telah berusaha semaksimal mungkin, penulis sangat menyadari bahwa skripsi ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu penulis merasa perlu adanya kritik dan saran yang membangun demi kesempurnaan skripsi ini, sehingga dapat diperbaiki di masa ke depan. Dengan segala kerendahan hati, penulis ucapkan terima kasih dan mohon maaf atas segala kekurangan. Semoga skripsi ini bermafaat demi pengembangan pengetahuan dan wacana bagi para pembaca. Amin.

Malang,  22 Juli 2010

Penulis

Kesimpulan

Pada intinya contoh kata pengantar itu beraneka ragam tergantung pada tema yang diambil. Penulisan kata pengantar secara umum memiliki maksud yang sama, ungkapan rasa syukur dan terima kasih dari penulis tentang karyanya kemudian dilanjutkan dengan gambaran umum isi dari tulisan yang dibuat. Di akhir disertakan harapan dan masukan untuk pengembangan kepenulisan selanjutnya.

Nah sekarang giliranmu menyusun, selamat menulis..

6 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *