Surat Izin Sekolah, Kuliah, Kerja Berbagai Kondisi Lengkap dengan Contoh dan Download File

Surat Izin Sekolah, Kuliah, Kerja Berbagai Kondisi Lengkap dengan Contoh dan Download File

Contoh surat izin – Di beberapa kondisi tertentu terkadang karena ada uzur menyebabkan kamu tidak bisa hadir. Ketidakhadiran itu bisa berupa sakit, acara keluarga, ataupun urusan yang tidak bisa diwakilkan selain kamu sendiri yang harus hadir. Jika kamu seorang pelajar, mahasiswa, atau karyawan maka kondisi seperti itu penting adanya sebuah pemberitahun atau informasi setidaknya tentang ketidakhadiranmu.

Memang terkadang pemberitahuan itu bisa kamu sampaikan melalui telepon ataupun pesan singkat. Hanya saja untuk lembaga formal seperti sekolah, kampus, hingga kantor membutuhkan keterangan yang resmi berupa keterangan yang tertulis. Tentu ini karena ada aturan yang mengatur tentang ketidakhadiran.

Maka melihat kondisi seperti itu sudah sangat wajar untuk membuat surat izin. Di dalam artikel ini akan mengulas hal-hal yang berkaitan dengan surat izin yang dilengkapi dengan beberapa contoh surat izin, seperti contoh surat izin tidak masuk sekolah karena sakit, contoh surat izin tidak masuk kuliah, contoh surat izin tidak masuk kerja dan juga cara menulis surat izin sekolah. Jadi baca terus artikelnya agar kamu bisa lebih paham saat akan menyusun surat izin-mu.

Tentang Surat Izin

Surat adalah media komunikasi tertulis untuk menyampaikan informasi dari pihak satu ke pihak lain. Jenisnya pun bermacam – macam akan tetapi secara fungsi tidak jauh berbeda dengan fungsi surat pada umumnya. Surat izin adalah surat yang tergolong jenis surat semi-formal yang bertujuan memberikan informasi tentang sebab tidak bisa hadirnya seseorang dikarenakan suatu hal, bisa disebabkan karena sakit, acara keluarga, hingga uzur yang menyebabkan seseorang tidak bisa diwakilkan.

Cara Membuat Surat Izin

contoh surat resmi sekolah cara menulis surat izin sekolah cara membuat surat izin sakit smp
pixabay.com

Pada prinsipnya ketika hendak menulis surat izin sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara membuat surat pada umumnya. Hanya saja isi surat izin lebih pada informasi yang sifatnya pemberitahuan, pemberitahuan tentang ketidakhadiran yang juga disertai dengan alasan tentang ketidakhadiran. Pastikan ketidakhadiran itu dikarenakan hal yang bisa dipertanggungjawabkan.

Cara membuat surat izin :

  • Menuliskan tanggal pembuatan surat izin.
  • Dibuka dengan salam dan kalimat sapaan pembuka kepada lembaga atau instansi penerima surat izin. Sapaan pembuka bisa dengan kata-kata sebagai berikut:

Asslamu’alaikum, Selamat Pagi, dilanjutkan dengan Kepada Yth Bapak/Ibu, dst.

  • Menuliskan informasi umum tentang kamu yang ingin izin.
  • Pemberitahuan beserta alasan ketidakhadiranmu.
  • Ucapan terima kasih.
  • Salam penutup.

Baca juga : Contoh Surat Pernyataan, Lengkap dengan Panduan Penulisan & Download File

Contoh Surat Izin

Berikut adalah beberapa contoh surat izin dengan berbagai kondisi yang umum ditemui:

cara menulis surat izin sekolah cara membuat surat izin sakit smp bea cukai contoh surat izin tidak masuk sekolah surat izin kerja membuat surat izin cara membuat surat izin tidak masuk sekolah contoh surat izin sakit untuk sekolah cara membuat surat izin sakit cara membuat surat izin sakit sekolah contoh membuat surat perizinan usaha contoh surat izin sekolah karena sakit surat izin tidak masuk surat izin tidak sekolah contoh surat tidak masuk sekolah karena sakit surat sakit cara membuat surat izin sekolah surat sakit sekolah cara membuat surat izin contoh surat izin cara menulis surat sakit surat izin tidak masuk kerja surat izin contoh surat izin sekolah buatan sendiri surat izin sakit cara membuat surat bikin surat sakit contoh surat izin tidak masuk sekolah karena sakit membuat surat contoh surat sakit sekolah surat pribadi untuk guru surat izin tempat usaha bkpm cara buat surat izin sekolah surat izin sakit sekolah membuat surat izin sekolah izin usaha cara menulis surat izin surat izin sekolah sd contoh surat izin sakit tidak masuk sekolah surat izin kuliah contoh surat masuk surat izin orang tua surat izin sekolah sakit surat izin tidak masuk sekolah contoh membuat surat izin sekolah cara membuat surat sakit sekolah bikin surat izin sekolah cara membuat siup contoh surat sakit untuk sekolah contoh membuat surat izin tidak masuk sekolah contoh surat izin orang tua usaha dagang surat izin sekolah karena sakit contoh membuat surat izin pengertian siup contoh bikin surat sakit
pixabay.com

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit

Contoh surat izin ini bisa digunakan baik untuk surat izin SD, SMP, juga SMA.

Magetan, 18 Mei 2018

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Kepada Yth,
Ibu Nurhayati, S.Pd, Guru Wali Kelas IX
SMPN 1 Magetan
di Tempat.
Dengan hormat,
Melalui surat ini, saya wali murid dari ananda yang disebut di bawah ini:
Nama : Ubaydillah Al Anshory
Siswa : Kelas IX SMPN 1 Magetan
Alamat : Perum Bandar Asri No. 13 Magetan

Pada hari ini Jum’at, tanggal 18 Mei 2018 tidak dapat mengikuti kelas seperti hal biasanya dikarenakan sakit demam. Oleh karena itu, saya selaku wali murid mohon kepada Bapak/Ibu Wali Kelas IX agar berkenan memberikan izin tidak masuk kelas sehingga bisa beristirahat sampai dengan kondisi ananda pulih. Demikian surat izin ini saya buat, atas perhatian Bapak/Ibu saya sampaikan terima kasih banyak.

Hormat saya,

Orang tua/Wali murid

Taofik Ansori

Download surat izin tidak masuk sekolah karena sakit.

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kuliah Karena Sakit

Malang, 14 Mei 2018

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Kepada,
Yth. Bapak Dr. Wahyudi, S. Kom, M.Si
di –
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Dengan hormat,
Melalui surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : Robet Nurcahoyo
NIM : 15650115
Kelas : D
Program Studi : Teknik Informatika
Fakultas : Sains dan teknologi

Mengajukan permohonan izin tidak mengikuti mata kuliah Pemrogramman Berorinetasi Objek pada hari ini, Senin, 14 Mei 2018 dikarenakan sakit demam tinggi, ada indikasi terjangkit virus tipes. Dengan kondisi tersebut saya membutuhkan istrahat sementara waktu. Saya lampirkan surat keterangan dokter beserta hasil tes lab tentang kondisi saya sebagai bahan pertimbangan.

Demikian surat permohonan izin ini saya buat, atas perhatian Bapak saya ucapakan terima kasih banyak.

Malang, 14 Mei 2018

Mahasiswa yang bersangkutan

Robet Nurcahyo

Download surat izin tidak masuk kuliah karena sakit.

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Urusan Keluarga

Surabaya, 14 Mei 2018

Kepada,
Yth. Bapak Franky Gilbert
Manager Departemen IT
PT. Maju Mundur Abadi
di tempat.
Dengan hormat,
Melalui surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : Kadung Gempar
Alamat : Jl. Pakis Aji, No. 14 Malang
NIP : 022345
Jabatan : Staff Departemen IT, Web Developer
Tlp/HP : 081234123456

Mengajukan permohonan izin cuti kerja selama 1 (satu) hari dikarenakan pada tanggal 15 Mei 2018 ada keperluan yang tidak bisa ditinggalkan yang dalam hal ini saudara kandung tertua akan melaksanakan pernikahan.

Demikian surat permohonan izin ini saya buat, atas perhatian Bapak saya ucapakan terima kasih banyak.

Surabaya, 14 Mei 2018

Yang bertandatangan di bawah ini

Kadung Gempar

Download surat izin tidak masuk kerja karena urusan keluarga.

Semua contoh yang ditulis di atas adalah contoh surat izin yang sifatnya kondisional atau tidak mutlak, kamu bisa sesuaikan dengan kondisimu. Kamu bisa juga tambahkan beberapa keterangan yang kamu anggap perlu disampaikan.

Baca juga : Contoh cv menarik kreatif referensi buat kamu yang sedang menyusun cv kreatif!

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Menulis Surat Izin

Meski tergolong surat semi-formal yang biasa akan tetapi ketika menulis surat izin tetaplah memperhatikan kaidah penulisan yang baik dan benar. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika hendak menulis surat izin. Berikut adalah point-pointnya:

Tanggal Penulisan Surat Izin

Penulisan tanggal juga termasuk point penting ketika akan membuat surat izin. Dengan adanya tanggal menjelaskan bahwa surat yang dibuat memang baru atau tidak berjeda lama dengan pengiriman surat.

Informasi Pembuat Surat Izin

Point pertama tentang hal yang harus ada dalam surat izin adalah informasi tentang pembuat surat izin. Pembuat atau pengirim surat izin ini bisa berupa perwakilan dari keluarga atau kerabat seperti orang tua atau wali. Jika surat izin berupa izin sakit buat kamu yang kebetulan kuliah atau kerja dan jauh dari orang tua, kamu bisa meminta surat keterangan dokter sebagai tambahan keterangan bahwa kamu benar-benar tidak bisa masuk kelas atau kerja.

Alasan Surat Izin

Point selanjutnya adalah mengenai alasan izin, point ini sebaiknya juga dimunculkan dalam surat izin agar pembaca bisa memahami kondisi perihal mengapa kamu menulis surat izin. Alasan bisa kamu sampaikan di awal paragraf atau bisa juga di akhir sebelum penutupan.

Baca juga : Contoh Surat Lamaran Kerja, Panduan Baku Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Penutup

Bagaimanapun kejujuran adalah hal yang penting untuk kamu jaga, termasuk dengan menulis surat izin. Surat izin tentunya disusun dengan kondisi yang sebenar-benarnya sesuai dengan kondisimu, toh itu juga bagian dari cara kita untuk berlatih tentang kejujuran ya kawan. Sekian dulu pembahasan tentang surat izin, semoga artiklenya bermanfaat!

Leave a Comment