Contoh surat pengunduran diri – Meski Sepele, menyusun surat pengunduran diri itu sangat penting buat masa depan karirmu. Mau tau alasannya? Baca terus artikel ini maka kamu akan temukan jawabannya.

Siapapun diantara kita tentu mengharapkan perubahan-perubahan ke arah positif dari waktu ke waktu. Bertemu dengan tantangan baru, lingkungan baru, serta tentunya orang-orang baru akan menjadikan kamu menjadi pribadi yang lebih baik, luwes, dan tentunya bijak seiring bertambahnya pengalaman hidup, tidak terkecuali dengan karir. Semua hal baru itu menambah wawasanmu minimal setidaknya kemampuan yang kamu miliki.

Namun jika kamu saat ini masih terikat dengan suatu pekerjaan dan di saat yang bersamaan misal ada tawaran yang lebih baik, kamu tidak boleh begitu saja hilang tanpa jejak dari pekerjaanmu yang lama. Kamu butuh menulis surat pengunduran diri lalu kemudian menyerahkannya ke atasanmu. Ini cara yang paling elegan dan sudah menjadi kode etik wajib dalam dunia profesi. Kamu juga akan mendapatkan banyak manfaat serta juga baik untuk karirmu kedepannya.

Di artikel ini akan dibahas banyak tentang contoh surat pengunduran diri yang bisa kamu gunakan sebagai referensi untuk membuat surat pengunduran diri kamu. Namun sebelum membahas lebih jauh tentang contoh surat pengunduran diri, ada baiknya kamu harus mengetahui dan paham tentang prinsip-prinsip utama dalam menulis surat pengunduran diri.

Sekilas tentang Surat Pengunduran Diri

contoh surat pengunduran diri
www.aworkcovervictimsdiary.com

Surat pengunduran diri adalah surat singkat yang secara formal memberikan informasi kepada atasanmu bahwa kamu akan meninggalkan pekerjaanmu saat ini. Dengan menulis surat pengunduran diri ini membantu kamu untuk tetap menjaga hubungan positif dengan atasanmu sekaligus meninggalkan kesan akhir yang baik dan positif di perusahaanmu. Sehingga menulis surat pengunduran diri adalah satu-satunya cara yang baik melanjutkan karir ke jenjang yang lebih baik.

Mengapa Penting Menulis Surat Pengunduran Diri?

Sebagaimana tujuannya, surat pengunduran diri itu ditulis sebagai pemberitahuan resmi kepada atasan, dan juga rekan kerja tentang maksud kamu untuk meninggalkan posisimu saat ini. Idealnya surat pengunduran diri disampaikan paling cepat dua pekan sebelum tanggal yang kamu tetapkan, bahkan biasanya akan lebih lama karena pihak perusahaan/tempat kerjamu tentu membutuhkan waktu untuk mencari pengganti posisimu.

Pun jika sudah ada penggantinya kamu akan diminta untuk men-training anggota tim baru sebelum kamu benar-benar akan meninggalkan posisimu saat ini. Jadi menulis surat pengunduran diri dan menyampaikan maksud pengunduran diri beberapa waktu sebelum tanggal yang kamu tetapkan itu menjadi sangat penting untuk pihak perusahaanmu.

Manfaat Menulis Surat Pengunduran Diri untuk Karirmu

Percaya atau tidak menulis surat pengunduran diri sangat mempengaruhi karirmu kedepannya. Karena dengan itu calon perusahaan/tempat kerjamu yang baru bisa menilai seberapa profesionalnya kamu melalui riwayat pekerjaanmu sebelumnya. Umumnya di tahap wawancara akan ditanyakan tentang riwayat pekerjaan yang tertera di curriculum vitae ataupun surat lamaran kerja. Hal-hal yang ditanyakan salah satunya tentang mengapa meninggalkan posisi yang lama dan tertarik dengan posisi yang di tawarkan calon perusahaan baru.

Jika calon perusahaan baru tahu tentang riwayatmu yang kurang baik, siap-siap deh kamu tidak akan diterima meskipun kamu punya skill yang mumpuni. Karena bekerja bukan hanya tentang skill namun juga ada etika, sopan santun, tanggung jawab akan tugas, dan loyalitas. Semua itu dinamakan profesional. Kebayangkan kalo riwayat pengunduran diri mu bermasalah kamu akan dicap sebagai orang yang tidak profesional dan tidak layak menjadi bagian dari tim perusahaan.

Baca juga : Contoh daftar pustaka yang baik dan benar untuk penulisan karya ilmiah, disusun berdasarkan standar penulisan daftar pustaka karya ilmiah universitas.

Bagaimana Cara Menulis Surat Pengunduran Diri yang Baik

bagaimana menulis surat pengunduran diri
www.pharmaceutical-journal.com

Saat menulis surat pengunduran diri, hal yang paling penting adalah membuatnya sesederhana mungkin, singkat, dan fokus tujuan utama. Selain itu surat yang dibuat berisi informasi yang se positif mungkin. Mengapa? Karena kamu sudah memiliki keinginan untuk tidak di posisi itu sehingga apabila isi surat berisi tentang kritik dan saran maka menjadi tidak ada manfaatnya apalagi isinya itu tentang kritikan kepada atasan atau pekerjaanmu sebelumnya.

Surat pengunduran diri yang kamu susun harus mencakup informasi kapan kamu akan berhenti dari posisimu saat ini. Dengan begitu memudahkan pihak perusahaan mencari penggantimu selain itu bagus juga untuk kamu dan rekan kerjamu untuk semakin membangun kebersamaan menjelang waktu resign-mu.

Selain itu surat penguduran diri harus dibuat dengan sopan dan jelas. Maksudnya ditulis dengan bahasa yang baik, positif, informatif dan tidak bertele-tele dan disertai dengan alasan resign yang jelas. Biar ndak bingung, simak contoh surat pengunduran diri di bawah ini.

Contoh Surat Pengunduran Diri

contoh surat resign, contoh surat pengunduran diri
www.matrixres.com

Jika kamu bingung harus mulai dari mana, jangan khawatir, cukup ikuti prinsip-prinsipnya dan apa yang sudah di tuliskan diatas, atau begitu banyak contoh surat pengunduran diri bertebaran di internet yang bisa kamu gunakan untuk mencari ide menulis surat resign.

Sebagaimana yang sudah dijanjikan sebelumnya, berikut ini adalah contoh surat pengunduran diri atau surat resign kerja yang bisa kamu gunakan sebagai untuk mendapatkan ide menyusun surat pengunduran diri dari pekerjaan. Jenisnya bermacam-macam, dimulai dari surat pengunduran diri umum/sederehana, surat pengunduran diri dengan email, dan lain sebagainya. Simak contoh surat pengunduran diri berikut:

Contoh Surat Pengunduran Diri Sederhana/Umum/Kerja

Berikut ini adalah contoh surat pengunduran diri sederhana/umum/kerja yang bisa digunakan untuk keadaan apapun.

Malang, 10 Januari 2016

Kepada

Yth. Manager HRD

CV Sama Sejahtera Makmur

Jl. Merbabu 12 Malang

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya Dzawata Afnan, bermaksud untuk mengundurkan diri dari CV Sama Sejahtera Makmur terhitung sejak tanggal 10 Februari 2016.

Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan dan pengalaman berharga yang pernah saya dapatkan selama bekerja di CV Sama Kerja Makmur. Tidak lupa saya menyampaikan permohonan maaf yang sedalam-dalamnya kepada seluruh jajaran serta rekan CV Sama Kerja Makmur apabila terdapat kesalahan dan kekeliruan yang pernah saya perbuat selama saya bekerja.

Harapan saya semoga CV Sama Kerja Makmur senantiasa dapat terus berkembang kearah positif dan selalu menjadi yang terbaik.

Hormat saya,

[Tanda tangan]

Dzawata Afnan

Download surat pengunduran diri sederhana/umum/kerja doc

Contoh Surat Pengunduran Diri Jabatan

Beberapa kondisi juga butuh contoh surat pengunduran diri yang disampaikan secara formal terkait jabatan, berikut ini adalah contoh surat pengunduran diri jabatan.

Bandung, 2 Maret 2015

Kepada

Yth. Manager HRD

PT Kencana Utama Mandiri

Jl. Merdeka 45 Bandung

Dengan hormat,

Bersamaan dengan surat ini, saya selaku Project Manager PT Kencana Utama Mandiri, berdasarkan Hasil Keputusan Direksi maka dari itu, saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Dzawata Afnan

Departemen : Research and Development

Jabatan : Project Manager

ID Karyawan : TI120001

Bemaksud menyampaikan maksud saya untuk mengundurkan diri dari jabatan saya sebagai Project Manager, terhitung sejak tanggal 2 April 2015.

Saya ucapkan terima kasih atas dukungan dan kesempatan yang telah diberikan selama dua tahun terakhir ini. Semua itu membantu saya untuk terus menjadi seorang profesional yang baik. Tak lupa saya sampaikan permohonan maaf kepada seluruh jajaran direksi PT Kencana Utama Mandiri beserta rekan-rekan di departemen IT jika terdapat banyak kesalahan baik yang disengaja maunpun yang tidak disengaja.

Demi kelancaran tugas dan tanggungjawab pengganti jabatan project manager, saya bersedia untuk membantu selama masa transisi semoga ini menjadi hal baik terakhir yang bisa saya berikan. Harapan saya kedepannya semoga PT Kencana Utama Mandiri terus berkembang kearah yang lebih baik.

Hormat saya,

[Tanda tangan]

Dzawata Afnan

Download contoh surat pengunduran diri jabatan doc

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan

Berikut adalah contoh surat pengunduran diri perusahaan:

Bandung, 4 Juni 2015

Kepada

Yth. Manager HRD

PT Acme Company

Jl. Merdeka 45 Bandung

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Dzawata Afnan, hendak menyampaikan maksud saya untuk mengundurkan diri dari jabatan saya sebagai Customer Service PT Acme Company terhitungmulai tanggal 11Juni 2015.

Saya sampaikan terima kasihatas kesempatan, bimbingan, serta dukungan professional saya yang telah diberikan selama menjadi bagian dari PT Acme Company.

Tak lupa saya sampaikan permohonan maaf yang sedalam-dalamnya jika ada kesalahan yang pernah saya perbuat selama saya bekerja. Semoga PT Acme Company terus berkembang menjadi yang lebih baik.

Hormat saya,

[Tanda tangan]

Dzawata Afnan

Download contoh surat pengunduran diri dari perusahaan doc

Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan

Berikut adalah contoh surat pengunduran diri karyawan:

Bandung, 2 Juni 2015

Kepada

Yth. Manager HRD

PT Tirta Company

Jl. Veteran Utama 23 Bandung

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Dzawata Afnan, hendak menyampaikan maksud saya untuk mengundurkan diri sebagai Karyawan PT Tirta Company terhitung mulai tanggal 11 Juni 2015.

Saya ucapkan banyak terima kasih atas kesempatan, bimbingan, serta dukungan pengalaman yang saya terima selama menjadi bagian dari PT Tirta Company.

Tak lupa saya sampaikan permohonan maaf yang sedalam-dalamnya jika ada kesalahan yang pernah saya perbuat selama saya bekerja. Semoga PT Tirta Company terus berkembang menjadi yang lebih baik.

Hormat saya,

[Tanda tangan]

Dzawata Afnan

Download contoh surat pengunduran diri karyawan doc

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi

Berikut adalah contoh surat pengunduran diri organisasi.

Bandung, 4 Juni 2015

Kepada

Yth. Ketua Umum

LSM Inspirasi Anak Bangsa

Jl. Merdeka 45 Bandung

Melalui surat ini saya sampaikan maksud pengunduran diri saya sebagai Sekretaris Departemen Humas LSM Inspirasi Anak Bangsa dikarenakan alasan kesehatan terhitung tanggal 5 Juni 2015.

Dikarenakankondisi kesehatanyang tidak memungkinkan bagi saya untuk terus menjadi bagian dari tim ini. Saya ucapkan terima kasih atas semua hal baik yang saya terima selama menjadi bagian dari LSM Inspirasi Anak Bangsa. Saya sampaikan permohonan maaf apabila terdapat kesalahan yang pernah saya perbuat selama mengemban amanah.

Semoga terus menginspirasi Indonesia, tetap semangat, doa senantiasa terucap untuk rekan-rekan sekalian.

Hormat saya,

[Tanda tangan]

Dzawata Afnan

Download contoh surat pengunduran diri organisasi doc

Contoh Surat Pengunduran Diri Guru

Berikut adalah contoh surat pengunduran diri guru:

Magetan, 4 Juni 2015

Kepada

Yth. Ketua Yayasan

SDIT Al Hasanah

Jl. Kartini 45 Magetan

Bersamaan dengan surat ini, saya ingin menyampaikan maksud pengunduran diri dari jabatan sebagai Guru kelas empat SDIT Al Hasanah Magetan terhitung mulai tanggal 25 Juni 2015.

Pengunduran diri ini dikarenakan pindah domisili sehingga tidak memungkinkan untuk terus menjadi bagian dari pengajar SDIT Al Hasanah Magetan. Saya ucapkan terima kasih seluruh jajaran pimpinan Yayasan, staff pengajar SDIT Al Hasanah Magetan atas semua hal baik yang diajarkan selama di sekolah. Murid-murid telah memberi banyak inspirasi bagi saya pribadi. Semoga SDIT Al Hasanah Magetan terus menjadi salah satu bagian dari tombak perbaikan ummat dan generasi anak bangsa.

Hormat saya,

[Tanda tangan]

Dzawata Afnan

Download contoh surat pengunduran diri guru doc

Contoh Surat Pengunduran Diri Bahasa Inggris

Berikut adalah contoh surat pengunduran diri bahasa Inggris.

September, 4, 2015

To: Mr. John Adams

Human Resource Development Dept.

Chain Oil Company.

Dear Mr. Adams:

I would like to inform you that I am resigning from my position as Marketing Supervisor for the Chain Oil Company, effective October 1, 2015.

Thank you for the support and the opportunities that you have provided me during the last two years. I have truly enjoyed my tenure with [insert Name of Company], and am more than grateful for the encouragement you have given me in pursuing my professional and personal growth objectives.

If I can be of any assistance during this transition in order to facilitate the seamless passing of my responsibilities to my successor, please let me know. I would be glad to help however I can.

Sincerely,

Your Signature (hard copy letter)

Dzawata Afnan

Download contoh surat pengunduran diri bahasa Inggris doc.

Baca juga : Contoh kata pengantar yang baik dan benar sesuai standar penyusunan karya ilmiah.

Tips Menulis Surat Pengunduran Diri.

Apa yang Harus Dimasukkan dalam Surat Pengunduran Diri

Surat pengunduran diri tidak hanya menggambarkan maksud seorang pegawai untuk mengundurkan diri tetapi juga memberikan informasi tentang hari terakhir kamu bekerja. Hal ini memudahkan transisi bagi atasan dan seorang karyawan.

Berikut beberapa hal yang harus ada dalam surat pengunduran diri:

  • Informasi tantang maksudmu untuk berhenti bekerja pada perusahaan dan disertai dengan tanggal efektif pengunduran dirimu.

  • Ucapan terima kasih kepadapihak perusahaan, atasan, dan juga rekan kerjamu atas kesempatan berkarir dan mendapatkan banyak ilmu serta pengalaman berharga selama bekerja.

Biasanya proses pengunduran diri akan lebih baik jika mengundurkan diri secara langsung kepada atasan, lalu kemudian ditindaklanjuti dengan menuliskan surat pengunduran diri secara formal. Namun, terkadang jika kamu perlu mengirim email pengunduran diri, tulislah secara profesional seperti surat pengunduran diri di atas kertas. Umumnya di Indonesia proses pengajuan pengunduran diri masih menggunakan kertas karena dianggap lebih sopan dan bertanggungjawab.

Terlepas dari alasanmu untuk mengundurkan diri, pastikan bahwa kamu tidak menulis sesuatu hal yang negatif seperti meremehkan perusahaan, atasan mu, rekan kerja, atau bawahan mu saat sebelumnya.

Ini penting karena saat kamu resmi sudah tidak berkeja pada perusahaan kamu akan mendapatkan surat keterangan sebagai bukti bahwa kamu pernah bekerja di perusahaan tersebut. Seringnya perusahaan akan menuliskan bagaimana tingkat profesionalmu selama bekerja sehingga ini penting untuk kelanjutan karirmu juga.

Apa yang tidak ada dalam surat pengunduran diri.

Yang harus kamu ketahu bahwa surat pengunduran diri itu bukan tempat yang tepat untuk menyampaikan keluhan atau kritik kepada atasan atau rekan kerja bahkan ke perusahaan. Ada beberapa hal yang harus kamu hinndari saat menulis surat pengunduran diri antara lain:

  • Hindari ketidakjelasan tanggal resign-mu.

Pastikan tanggal resign-mu dengan jelas dan jangan menyerahkan surat pengunduran diri sampai dengan kamu benar-benar yakin untuk resign.

  • Tanggal resign yang berdekatan dan mendadak.

Informasikan jauh-jauh hari kepada atasanmu tentang tanggal resigmu, sehingga memberikan kesempatan kepada atasan untuk mencari pengganti posisimu. Dengan begitu juga kamu punya waktu untuk men-training orang yang akan menggantikan posisimu. Ini bukti bahwa kamu professional dan komitmen tidak membiarkan kerugian setelah berhentinya kamu dari posisimu. Terkecuali jika memang ada alasan lain yang tidak bisa tinggalkan.

  • Hindari menulis sesuatu yang negatif tentang atasanmu.

    Kamu bisa saja bekerja dengan atasan yang bahkan sangat tidak berkompeten atau justru membuatmu mengalami banyak masalah saat bekerja. Namun, surat pengunduran diri ini bukanlah surat yang sifatnya rahasia, artinya surat ini bisa saja dibaca oleh atasan yang lain. Akibatnya tentu tidak baik untuk atasanmu kan.

  • Jangan meremehkan perusahaan, atau produk serta layanannya

    Terkait hal ini cukup pribadimu yang tahu, tidak perlu harus menulis bagaimana kekurangan-kekurangan perusahaan karena kembali lagi bahwa surat ini bukanlah surat rahasia.

  • Jangan sampai lupa untuk menyampaikan rasa terima kasih atas pengalaman berharga selama menjadi bagian dari tim.

    Siapapun menginginkan perpisahan yang bisa dikenang, apalagi kenangan susah senang bersama rekan satu tim. Rasa terima kasih akanmeninggalkan kesan baik diantara rekan setimmu.

  • Jangan sebutkan gaji yang sedikit sebagai alasan kamu mengundurkan diri.

    Rasanya ini tidak pas jika dibahas saat resign. Memang bisa saja kamu resign dikarenakan gaji yang tidak sesuai harapan, namun pembicaraan gaji bisa kamu diskusikan dengan atasanmu sebelum kamu mnegajukan surat resign. Jika memang sudah kamu diskusikan dan tidak ada jalan keluar tentang itu maka kamu bisa memilih opsi untuk mengundurkan diri.

  • Hindari surat pengunduran diri yang ditulis dengan nada terlalu positif.

    Mengapa? Karena ketika surat isinya terlalu positif orang akan beranggapan bahwa kamu tidak tulus selama bekerja. Jika memang baik lalu apa alasanmu untuk resign?

Format dan Pedoman Menulis Surat Pengunduran Diri

Surat pengunduran diri itu cukup ditulis dengan singkat, pada dan jelas sedangkan jumlah halamn surat pengunduran diri tidak lebih dari satu halaman.

  • Font dan Ukuran

    Gunakan font tradisional seperti Times New Roman, Arial, atau Calibri. Ukuran font Anda harus antara 10 dan 12 poin.

  • Format

    Surat pengunduran diri sebaiknya ditulis dengan spasi yang mudah dibaca di antara masing-masing paragraf. Gunakan spasi sekitar 1.5 “margin dan sejajarkan teks Anda ke kiri (alignment untuk sebagian besar dokumen bisnis).

  • Kesesuaian

    Pastikan untuk kamu me-review surat pengunduran dirimu sebelum mengirimnya. Tunjukkan surat pengunduran diri yang sudah kamu susun kepada orang yang kamu percaya atau mintalah seorang teman untuk memeriksanya jika kamu ingin orang lain memeriksa apa yang sudah kamu tulis. Hal ini supaya kamu memiliki sudut pandang lain ketika meyusun surat pengunduran diri, biar ndak persepsimu saja.

Penutup

Surat pengunduran diri haruslah berisi informasi yang jelas, singkat, padat terutama terkait tanggal akhir kamu bekerja. Informasi yang dicantumkanpun adalah hal-hal yang lumrah, hindari informasi yang justru bernada negatif karena kesan akhir yang ingin dibangun adalah kesan yang positif, terutama pada atasan dan rekan kerjamu. Nah sekarang kamu merasa resign adalah pilihan yang terbaik saat ini untuk masa depan karirmu maka pilihlah itu, selamat menulis surat pengunduran diri!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *