Contoh Surat Pernyataan, Lengkap dengan Panduan Penulisan & Download File

Contoh Surat Pernyataan, Lengkap dengan Panduan Penulisan & Download File

Contoh surat pernyataan – Terkadang karena belum pernah mengalami langsung kita seringnya bakal mencari referensi terait surat pernyatan. Hal ini sangat wajar karena saat ini berbagai macam keperluan membutuhkan sebuah surat pernyataan. Apa saja? Keperluan-keperluan itu dimulai dari keperluan melamar pekerjaan sampai dengan keperluan terkait perjanjian-perjanjian yang mengikat antara seseorang dengan orang yang lain. Khusus untuk keperluan lamar pekerjaan biasanya menjadi satu dengan surat lamaran kerja.

Dengan adanya surat pernyataan ini tentu memberi banyak manfaat baik bagi si pembuat pernyataan, terkadang juga pihak yang mengeluarkan surat pernyataan tersebut seperti RT atau RW dan juga orang atau lembaga yang akan menerima surat penyatan tersebut terutama terkait keabasahan juga kebenaran suatu informasi. Mengingat saat ini sulitnya mem-validasi kebenaran sebuah informasi maka dengan adanya surat pernyataan tersebut menjamin dan menjadikan kebenaran serta sahnya suatu informasi tentang suatu hal yang disampaikan dalam bentuk surat pernyataan di mata hukum.

Agar lebih ilmiah pembahasan di artikel ini, simak beberapa point penting terkait surat pernyataan.

Definisi Surat Pernyataan

definisi surat pernyataan, contoh surat pernyataan, pengertian surat pernyataan, tentang surat pernyataan, surat pernyataan adalah
pixabay.com

Surat pernyataan adalah surat yang dibuat dengan tujuan menyatakan sekaligus menginformasikan tentang kebenaran suatu hal baik itu tentang informasi seseorang, benda, hingga organisasi atau lembaga. Sehingga secara garis besar surat pernyataan itu berisi pernyataan bahwa informasi ini adalah benar. Yang membedakan hanyalah objek dari surat pernyataan itu sendiri.

Tujuan Menulis Surat Pernyataan

tujuan surat pernyataan, tujuan menulis surat pernyataan, contoh surat pernyataan, download surat pernaytaan
pixabay.com

Sebagaimana yang disampaikan prolog di awal, bahwa tujuan disusunnya surat pernyataan adalah untuk menjamin seseorang adalah benar-benar sesuai dengan apa yang di nyatakan dalam surat pernyataan tersebut sehingga menjamin keabsahan. Apabila tidak sesuai dengan maka akan mendapatkan konsekuensi sesuai dengan apa yang dinyatakan dalam surat tersebut.

Manfaat/Fungsi Menulis Surat Pernyataan

manfaat menulis surat pernyataan, fungsi surat pernyataan, contoh surat pernyataan, faedah surat pernyataan
pixabay.com

Manfaat utama menulis surat pernyataan itu dapat dibagi menjadi beberapa point tergantung dari siapa yang terkait surat pernyataan itu dibuat.

  • Pihak Pembuat

    Karena surat ini dibuat dengan tujuan untuk menerangkan informasi yang sebenar-benarnya maka surat ini akan menjadi bukti bahwa pembuat surat ini benar-benar sesuai dengan apa yang ditulis. Dengan demikian pembuat surat akan mendapatkan pengakuan yang sah dan apabila informasi yang ada adalah tidak sesuai maka pembuat surat maka akan mendapatkan sanksi sesuai dengan apa yang ditulis dalam surat tersebut.

  • Pihak Perantara

    Terkadang di beberapa kondisi tertentu kamu akan membutuhkan pihak perantara untuk menyediakan surat pernyataan. Kondisi ini contohnya seperti saat kamu akan mengurus surat pindah KTP, maka ketua RT/RW akan menyediakan surat pernyataan untuk kamu isi. Ini menjadi bermanfaat bagi pihak yang memperantarai sebagai bukti hukum bahwa kamu adalah benar-benar bagian dari masyarakat di lingkungannya. Untuk kasus lain pada akhirnya bermanfaat sebagai dokumen penting pihak perantara tersebut.

  • Pihak Penerima

    Sebagaimana tujuannya maka dengan adanya surat pernyataan ini menjadikan penerima surat pernyataan memiliki hak yang sah di mata hukum apabila di kemudian hari si pembuat surat pernyataan berlaku tidak sesuai dengan surat pernyataan yang dibuat. Disamping itu menjadi jaminan bagi si penerima surat pernyataan bahwa si pembuat surat adalah benar-benar seperti apa yang ditulis dalam surat pernyataan.

Format/Bagian-bagian Penting dalam Surat Pernyataan

Seperti yang diketahui bersama bahwa surat pernyataan adalah salah satu jenis surat resmi maka secara umum memiliki format yang tidak jauh berbeda dengan surat resmi lainnya, terdapat pembuka, isi, dan penutup. Perbedaan banyak terdapat pada bagian pembuka dan isi dari surat itu sendiri. Khusus bagian pembuka juga ditentukan oleh maksud dibuatnya surat pernyataan tersebut. Karena dibeberapa kondisi bagian pembuka justru tidak dicantumkan dalam surat pernyataan. Berikut adalah bagian-bagian dari surat pernyataan:

  • Bagian Pembuka

    Kepala Surat / KOP

    Kop atau yang kita kenal dengan kepala surat. Bagian ini biasanya bisa kamu cantumkan jika surat pernyataan itu kamu buat atas nama sebuah lembaga atau organisasi. Artinya kop surat tersebut menjadi identitas resmi dari kelembagaan/organisasi. Namun jika surat pernyataan disusun perseorangan maka kop tidak kamu perlukan.

    Tanggal/Tempat Penulisan

    Bagian dari pembuka yang umunya ditulis di pojok kanan atas. Bagian yang menerangkan kapan dan dimana surat pernyataan itu dibuat.

    Salam Hormat

    Merupakan bagian dari surat pernyataan yang berhubungan dengan kalimat hormat/sapaan kepada pihak tertentu yang merupakan pimpinan lembaga atau organisasi. Disamping itu umumnya ia ada khusus digunakan untuk tujuan surat pernyataan resmi seperti saat akan melamar pekerjaan.

  • Bagian Isi

    Bagian isi dari surat pernyataan umunya berisi identitas pembuat surat pernyataan dan beberapa keterangan yang menggambarkan fakta tentang si pembuat surat pernyataan. Identitas yang dicantumkan umumnya melingkupi nama, no KTP, jenis kelamin, tempat/tanggal lahir, alamat domisili. Untuk kondisi melamar pekerjaan juga dicantumkan pendidikan dan jabatan yang dilamar.

  • Bagian Penutup

    Bagin penutup berisi kalimat penutup surat penyataan, umumnya sama dengan penutup surat pada umumnya. Hal yang tidak kalah penting ketika menulis surat pernyataan di bagian penutup adalah konsekuensi sebagai garansi kesungguhan apabila informasi yang diberikan tidak benar.

Download format surat pernyataan.

Hal penting Ketika Menulis Surat Pernyataan

hal penting tentang surat pernyataan, hal utama tentang surat pernyataan, bagian penting tentang surat pernyataan
pixabay.com

Terkadang di kondisi tertentu kita wajib mengetahui hal-hal penting saat menulis surat pernyataan. Ada baiknya kamu baca beberapa point berikut barangkali ada hal baru kamu tahu. Meskipun tida semua bisa diterapkan. Berikut adalah hal-hal penting saat menulis surat pernyataan.

  • Gunakan Materai

    Sudah menjadi rahasia umum ya jika semua yang berhubungan dengan surat menyurat apalagi jika surat yang tulis tersebut adalah surat penting butuh yang namanya materai. Dengan mencatumkan materai maka status surat tersebut sah di mata hukum sehingga memiliki hak hukum apabila disalahgunakan.

  • Surat Pernyataan Ditulis Tangan

    Meski saat ini sudah sangat jarang yang menerapkannya namun di beberapa tempat dan instansi cara ini tetap dipilih sebagai salah satu dari syarat yang harus dipenuhi. Misal ketika akan melamar pekerjaan, atau bisa juga saat berkaitan dengan sengketa tanah. Artinya pilihan ditulis tangan atau tidak bergantung pada si penulis atau kebijakan si penerima surat pernyataan. Alasan mengapa ditulis tangan adalah bahwa surat pernyataan benar-benar ditulis sendiri. Terkadang juga di kondisi proses seleksi karyawan, pihak seleksi menjadikan tulisan acuan untuk membaca karakter si pelamar kerja.

  • Hadirkan Saksi

    Untuk beberapa kondisi kita membutuhkan saksi saat menulis surat pernyataan terutama yang berkaitan dengan kasus hukum. Misal kondisi terkait sengketa tanah, bangunan, rumah dan kasus-kasus sengketa lainnya. Dengan adanya saksi menjadikan surat pernyataan menjadi sangat kuat jika kedepannya terjadi hal yang tidak sesuai dengan kesepakatan.

Contoh Surat Pernyataan dan Download File Doc

contoh surat pernyataan, contoh surat pernyataan kerja, contoh surat pernyataan kesanggupan, contoh surat pernyataan diri, contoh surat pernyataan perjanjian, contoh surat pernyataan hutang, contoh surat pernyataan belum menikah, contoh surat pernyataan bermaterai, contoh surat pernyataan perusahaan, contoh surat pernyataan kesanggupan mematuhi peraturan, cdownload contoh surat pernyataan
pixabay.com

Biar pemahamanmu menjdi lebih baik tentang surat pernyataan berikut adalah beberapa contoh surat pernyataan dengan berbagai macam kondisi:

Contoh Surat Pernyataan CPNS

SURAT PERNYATAAN

Kepada Yth.
Menteri Perhubungan Republik Indonesia
Jln. Medan Merdeka Barat No. 8
Jakarta Pusat Kode Pos 10110

Dengan Hormat.
Saya yang bertandatangan dibawah ini,

Nama : Dzawata Ata Afnan
Tempat/Tanggal Lahir : Sidoarjo/1 Januari 1990
Alamat : Jln. Sulawesi No. 147 Ds Mulus, Desa Purwodadi, Kecamatan Barat, Kabupaten Magetan.
Jabatan yang dilamar : Analisis Laboratorium
Pendidikan Terakhir : Teknik Informatika
Perguruan Tinggi : Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Sehubungan dengan pengumuman Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Perhubungan Republik Indonesia tahun 2017, bersama ini menyampaikan permohonan untuk melamar bekerja di Kementrian Perhubungan Republik Indonesia dengan menyatakan sesungguhnya saya:

  1. Belum pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan keputusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap karena telah melakukan tindak kejahatan.

  2. Belum pernah diberhentikan dengan tidak hormat atas permintaan sendiri dan tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.

  3. Tidak atau sedang berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri / Pegawai Negeri dan tidak pernah diangkat sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil / Pegawai Negeri.

  4. Tidak akan mengundurkan diri jika dinyatakan diterima sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Perhubungan Republik Indonesia dan bersedia mengganti kerugian Negara jika saya mengundurkan diri.

Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan surat keterangan meliputi:

  1. Fotocopy Ijazah Terakhir dan Transkrip Nilai;

  2. Fotocopy KTP yang masih berlaku;

  3. Pas Foto Ukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar;

  4. Keterangan lain yang dianggap perlu.

Demikian lamaran dan pernyataan yang saya buat di atas adalah benar dan saya bersedia dituntut di muka pengadilan serta bersedia menerima segala konsekuensi berdasarkan hukum yang berlaku, jika dikemudian hari terbukti keterangan saya tidak benar.

Tempat : Magetan
Tanggal : 24 September 2017

Yang membuat pernyataan

Dzawata Ata Afnan

Download contoh surat pernyataan CPNS doc

Contoh Surat Pernyataan Skripsi

SURAT PERNYATAAN

Dengan ini saya menyatakan bahwa dalam skripsi ini tidak terdapat karya yang pernah diajukan untuk memperoleh gelar kesarjanaan pada suatu perguruan tinggi, dan sepanjang pengetahuan saya, juga tidak terdapat karya atau pendapat yang pernah ditulis atau diterbitkan oleh orang lain, kecuali yang secara tertulis diacu dalam naskah ini dan disebutkan dalam daftar rujukan.

Malang, 23 Agustus 2016

Materai 6000 ditempel dan ditandatangani

Dzawata Afnan

Download contoh surat pernyataan skripsi doc

Contoh Surat Pernyataan Magang

SURAT PERNYATAAN MAGANG

Yang bertandatangan di bawah ini:

Nama : Amirudin
Tempat/Tanggal Lahir : Pasuruan, 23 Mei 1987
Alamat : Jl. Merdeka No.1 Pasuruan
No. KTP : 35731523048700005

Dalam rangka melakukan program magang di CV Adem Bener, yang akan dilakukan dari 12 Agustus 2017 sampai 12 September 2017, dengan ini menyatakan:

  1. Menanggung secara pribadi biaya-biaya akomodasi, transportasi lokal, makan, asuransi kesehatan, serta keperluan pribadi lainnya.
  2. Mematuhi segala tata tertib dan peraturan yang berlaku di CV Adem Bener.
  3. Mematuhi segala peraturan dan undang-undang masyarakat setempat.

Demikian surat pernyataan ini dibuat untuk digunakan seperlunya, sesuai dengan peraturan dan undang-undang yang berlaku.

Pasuruan, 6 Agustus 2017

(Materai Rp. 6.000)    

Amirudin

Download contoh surat pernyataan magang doc

Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan Kerja

SURAT PERNYATAAN KESANGGUPAN
MELAKSANAKAN PEKERJAAN

Yang Bertanda tangan di bawah ini :

Nama :
NIP :
NUPTK :
Pendidikan Terakhir :
Masa Kerja :

Menyatakan bersedia dan sanggup serta bertanggung jawab untuk menerima Peningkatan Kualifikasi bagi Tenaga Pengajar dari LPMP Jawa Timur sejumlah Rp. 25.000.000,00 (dua puluh lima juta rupiah) untuk melaksanakan kegiatan Peningkatan Kualifikasi Akademik bagi guru ke jenjang S1/D4 di desa Mojosemi masa studi tahun 2018.

Demikian surat kesanggupan kerja dibuat. Surat ini bersifat mengikat dan untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Magetan, 24 Februari 2017

Penerima Bantuan,

………………………………………..…

NIP……………………………………….

Download contoh surat pernyataan kesanggupan kerja doc

Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah

SURAT PERNYATAAN BELUM MENIKAH

Yang Bertanda tangan di bawah ini :

Nama :
Jenis Kelamin :
Tempat/Tanggal Lahir :
Warga Negara :
Agama :
Pekerjaan :
Alamat :

Menyatakan dengan sebenar-benarnya bahwa saya sampai dengan saat ini belum pernah menikah dengan siapapun baik secara Hukum Agama, Adat, maupun Hukum Negara. Dan menyatakan bahwa saya masih perjaka atau bujang.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan apabila di kemudian hari diketahui bahwa surat pernyataan ini tidak benar saya bersedia dituntut sesuai dengan hukum dan undang-undang yang berlaku.

(Nama tempat), (Tanggal/Tahun Penulisan)

Yang Menyatakan,

(Nama Lengkap)

Download contoh surat pernyataan belum menikah doc

Contoh Surat Pernyataan Diri

SURAT PERNYATAAN DIRI

Yang Bertanda tangan di bawah ini :

Nama :
Jenis Kelamin :
Tempat/Tanggal Lahir :
Alamat :

Dengan ini menyatakn dengan sebenar-benarnya bahwa:

  1. Tidak pernah dihukum kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap karena telah melakukan tindak pidana kejahatan.

  2. Belum pernah diberhentikan secara tidak hormat atas permintaan sendiri.

  3. Tidak berkedudukan sebagai Calon/Pegawai Negeri Sipil.

  4. Bersedia ditempatkan di kantor cabang di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

  5. Tidak sedang menjalankan amanah sebagai anggota/pengurus partai politik.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan apabila di kemudian hari diketahui bahwa surat pernyataan ini tidak benar saya bersedia dituntut sesuai dengan hukum dan undang-undang yang berlaku.

(Nama Tempat), (Tanggal/Tahun Penulisan)

Yang Membuat Pernyatan,

(Nama Lengkap)

Download contoh surat pernyataan diri doc

Contoh Surat Pernyataan Hutang

SURAT PERNYATAAN PERJANJIAN HUTANG PIUTANG

Pada hari ini, tanggal 12 Agustus 2017 telah diadakan perjanjian hutang-piutang antara:

Nama : Amirudin
Tempat/Tanggal Lahir : Pasuruan, 23 Mei 1987
Alamat : Jl. Merdeka No.1 Pasuruan
No. KTP : 35731523048700005

Selaku pihak yang MEMBERIKAN PINJAMAN

Nama : Nururidin Efendi
Tempat/Tanggal Lahir : Pasuruan, 23 Mei 1988
Alamat : Jl. Sulawesi No.1 Pasuruan
No. KTP : 35731523048800005

Selaku pihak yang MENERIMA PINJAMAN

Saya selaku pihak yang MENERIMA PINJAMAN bersedia mengembalikan pinjaman sejumlah Rp. 100.000.000,00 (Seratus juta rupiah) dalam jangka waktu 1(satu) tahun. Apabila saya tidak sanggup mengembalikannya maka tanah dengan nomor sertifikat SHM 12321234  yang digunakan sebagai jaminan menjadi MILIK PIHAK YANG MEMBERI PINJAMAN.

Demikian surat pernyataan hutang-pitutang ini saya buat dengan sebenar-benarnya penuh dengan kesadaran. Saya bersedia dituntut sesuai dengan hukum dan undang-undang yang berlaku apabila di kemudian hari melanggar surat pernyatan hutang yang sudah dibuat.

Pasuruan, 10 November 2017

PIHAK PEMBERI PINJAMAN PIHAK PENERIMA PINJAMAN
Amirudin Nururidin Efendi
SAKSI
Baidhowi (…………)
Marsono (…………)
Saikoji (…………)

Download contoh surat pernyataan hutang doc

Penutup

Sampailah kita diakhir artikel, secara umum surat pernyataan meiliki format yang sama, hanya saja perbedaan ada terletak pada maksud penggunaannya. Umumnya digunakan untuk keperluan pekerjaan sampai dengan keperluan-keperluan lain yang membutuhkan surat pernyatan. Nah kira-kira sudah cukup jelas ya bagaimana surat pernyataan itu, kalopun bingung silahkan baca dan download contoh surat pernyataan di atas, semoga bermanfaat!

2 thoughts on “Contoh Surat Pernyataan, Lengkap dengan Panduan Penulisan & Download File

Leave a Comment