Teks Eksplanasi, Struktur, dan Tips Mengerjakan Teks Eksplanasi Ketika Ujian

Teks Eksplanasi, Struktur, dan Tips Mengerjakan Teks Eksplanasi Ketika Ujian

Contoh teks eksplanasi – Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar istilah teks eksplanasi? Asingkah? Mungkin ada diantara kamu yang sebelumnya belum pernah mendengarnya. Atau sudah pernah dengar akan tetapi belum tahu tentang bagaimana bentuk dari teks eksplanasi. Kamu berada di tempat yang tepat, disini akan dibahas secara lengkap tentang teks eksplanasi mulai dari definisi dari teks eksplanasi, struktur teks eksplanasi, fungsi teks eksplanasi.

Di artikel ini juga akan diberikan beberapa contoh teks eksplanasi dengan tujuan agar pemahamanmu semakin baik tentang teks eksplanasi, tentu contoh teks eksplanasi diambil dari lingkungan sekitar kita sehari-hari. Contoh teks eksplanasi tentu berdasarkan beberapa kondisi seperti teks eksplanasi bencana alam, kondisi sosial, dan lain sebagainya.

Definisi Teks Eksplanasi

contoh teks eksplanasi, definisi teks eksplanasi
pixabay.com

Secara bahasa, teks eksplanasi bermakna teks penjelas. Makna ini diserap dari bahasa asing yang dalam hal ini adalah bahasa Inggris dengan persamaan kata dari explanation yang juga bermakna penjelas. Sehingga secara singkat dapat disimpulkan bahwa teks eksplanasi adalah teks yang digunakan sebagai penjelas akan suatu hal atau kejadian. Hal yang dijelaskan adalah hal-hal yang berkaitan dengan fenomena-fenomena disekitar kita seperti fenomena sosial budaya, fenomena alam seperti fenomena bencana alam dan lain sebagainya.

Umumnya teks eksplanasi dalam pembahasannya berkaitan dengan kata “Mengapa dan Bagaimana”. Dengan bentuk seperti inimenjadikan teks eksplanasi membutuhkan keterangan penjelas sehinggadapat diamati bahwa teks eksplanasi itu menunjukan adanya pola sebab akibat atau kausalitas.

Jadi teks eksplanasi adalah salah satu jenis teks yang bertujuan untuk menjelaskan sebuah kejadian atau peristiwa.

Artikel Terkait:

Fungsi Teks Eksplanasi

Sebagaimana definisinya maka fungsi utama teks eksplanasi adalah kalimat yang digunakan untuk menjelaskan atau menerangkan suatu kejadian atau peristiwa atau informasi yang ada maupun yang sudah berlangsung sehingga dapat dipahami oleh siapapun yang membacanya.

Struktur Penulisan Teks Eksplanasi

Secara umum struktur penulisan teks eksplanasi terbagi menjadi tiga bagian, yaitu:

Pernyataan Umum (General Statement)

Pernyataan umum adalah bagian awal dari teks eksplanasi yang berisi tentang pernyataan umum atas suatu kejadian. Pada bagian ini hanya disampaikan secara umum saja dan pada bagian ini banyak bicara tentang topik suatu kejadian.

Contoh :

Asap kendaraan bermotor menjadi salah satu penyebab radikal bebas.

Contoh diatas memperlihatkan bagaimana suatu topik yang masih terlihat sangat umum. Agar dapat menjadi informasi dan dipahami pembaca maka dibutuhkan penjelasan tentang topik tersebut.

Deretan Penjelas

Bagian ini menjadi bagian yang sangat penting dari teks eksplanasi. Hal ini dikarenakan bagian penjelas berfungsi sebagai analisis sekaligus menerangkan apa yang menjadi penjelasan dari Pernyataan Umum. Bagian penjelas harus bisa menjelaskan secara detail dan rinci terkait Pernyataan Umum agar bisa dipahami dengan mudah oleh pembaca. Pada bagian penjelas juga menerangkan sebab akibat terkait Pernyataan umum.

Contoh:

Salah satu penyumbang tingginya radikal bebas adalah asap kendaraan bermotor. Hal ini dikarenakan asap yang dihasilkan dari kendaraan bermotor mengandung gas Carbon Monoksida/CO yang memiliki kemampuan daya ikat pada darah yang lebih kuat dari pada Oksigen/O2. Organ lain dalam tubuh manusia membutuhkan oksigen untuk bekerja. Maka peran darah adalah sebagai pengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Ketika darah mengikat CO maka darah membawa racun dan menjadikannya racun bagi organ lain dalam tubuh bagi manusia.

Contoh bagian penjelas diatas menjelaskan topik menjadi lebih rinci. Penjelasan terkait cara kerja, sebab akibat asap kendaraan bermotor menjadikannya sebagai salah satu penyebab radikal bebas yang berbahaya bagi manusia. Dengan penjelasan seperti ini menjadikan informasi dapat dengan mudah dipahami oleh siapapun yang membacanya. Bagian penjelas diharapkan dapat dijelaskan secara rinci dan detail.

Interpretasi

Interpretasi atau yang dikenal dengan bagian penutup berisi tentang kesimpulan yang bisa diambil setelah adanya proses penerangan informasi di bagian penjelas. Bagian penutup sifatnya opsional atau tidak wajib akan tetapi akan lebih sempurna ketika teks eksplanasi juga disertai adanya kesimpulan. Hal ini agar pembaca menjadi lebih percaya akan informasi yang disampaikan.

Baca juga : Contoh kutipan lengkap dengan struktur dan contohnya

Ciri Teks Eksplanasi

Terdapat beberapa ciri yang bisa digunakan untuk mengenal sebuah teks adalah jenis teks eksplanasi. Berikut adalah poin-pointnya:

  1. Secara struktur minimal terdiri atas pernyataan umum yang dalam hal ini adalah topik disertai dengan penjelasan detail yang menunjukan proses sebab akibat.

  2. Secara urutan dimulai dari pernyataan yang sifatnya sangat umum lalu diikuti dengan penjelasan detail tentang pernyataan umum tersebut.

  3. Dalam penjelasannya pernyataan umum dari teks eksplanasi membutuhkan syarat agar terjadi sebagaimana yang dinyatakan dalam pernyataan umum. Syarat-syarat ini umumnya dijelaskan pada bagian penjelas.

  4. Pembahasan teks eksplanasi pada umumnya seputar fenomena-fenomena yang memang benar-benar terjadi atau faktual di lingkungan sekitar yang memiliki hubungan dengan ilmu pengetahuan seperti fenomena bencana alam, fenomena sosial, fenomena budaya dan lain sebagainya.

  5. Dikarenakan teks eksplanasi termasuk jenis teks ilmiah maka proses pembahasan fenomena dalam teks eksplanasi juga dijelaskan secara ilmiah artinya informasi yang disampaikan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya juga dapat diterima oleh nalar pembaca.

  6. Sifat informasi yang disampaikan lebih pada sifatnya yang infomatif dan rasional.

Contoh Teks Eksplanasi

Sebagai mana yang sudah dijanjikan diawal, agar lebih mudah dalam memahami bagaimana seluk beluk dari teks eksplanasi maka dibawah ini disajikan beberapa contoh teks eksplanasi di beberapa kondisi sesuai jenis fenomena masing-masing.

Contoh Teks Eksplanasi Singkat 

Pernyataan Umum

Indonesia merupakan negara yang dilewati dua jalur pegunungan dunia, sehingga gunung berapi begitu banyak bertebaran di negara ini. Akibatnya gempa bumi sering melanda Indonesia, terutama di daerah yang berada dekat dengan gunung berapi dan juga di daerah yang dikelilingi lautan luas. Berikut ini dijelaskan penyebab terjadinya gempa bumi.

Deretan Penjelasan

Gempa bumi yang disebabkan gunung berapi terjadi akibat adanya aktivitas magma yang biasanya terjadi sebelum gunung berapi meletus. Indonesia dilewati sekaligus menjadi tempat dimana titik temunya dua jalur pegunungan dunia sehingga menyebabkan Indonesia sering terjadi gempa bumi.

Interpretasi

Sebagai negara yang rawan dilanda gempa bumi maka sudah seharusnya kita mengantisipasi kapan gempa bumi itu terjadi.

Contoh Teks Eksplanasi Kompleks, Contoh Teks Eksplanasi Sosial, Contoh Teks Eksplanasi Budaya

Contoh Teks Eksplanasi Bencana Alam

Pernyataan Umum

Tanah longsor merupakan salah satu peristiwa yang ditandai dengan terjadinya gerakan tanah yang disebabkan adanya pergerakan massa batuan atau tanah dengan berbagai tipe dan jenis, tipe dan jenis ini bisa berupa runtuhnya bebatuan atau berupa gumpalan tanah yang besar. Faktor penyebab terjadinya tanah longsor secara umum dikarenakan dua faktor yaitu faktor pendorong dan faktor pemicu. Faktor pendorong bisa berupa faktor yang dipengaruhi kondisi material sendiri sementara faktor pemicu berupa faktor yang menyebabkan material bergerak.

Deretan Penjelasan

Dipengaruhi oleh iklim tropis menjadikan Indonesia menjadi salah satu negara dengan tingkat curah hujan yang tinggi, meskipun tidak merata di semua daerah. Akan tetapi tingginya tingkat curah hujan tidak sebanding dengan kondisi hutan. Pembebasan hutan menjadi lahan pertanian, pengalihan kawasan hutan menjadi pemukiman menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya tanah longsor. Hutan atau pohon dalam skala kecil dianggap menjadi salah satu media yang paling baik dalam meminimalisir sekaligus pencegah terjadinya bencana longsor sebab dengan akar pohonlah air berlebih bisa diserap. Tanah yang menerima air dalam durasi lama dapat mengalami penguapan sehingga memicu munculnya rongga tanah yang berpotensi mengalami retakan di permukaan. Retakan yang terbentuk akan secara terus menerus terisi oleh air sehingga menyebabkan terjadinya gerakan lateral dalam jumlah kecil hingga besar yang pada akhirnya terjadi longsor.

Deretan Interpretasi

Tanah longsor sebagian besar terjadi karena pengalihan fungsi hutang yang tidak pada tempatnya. Disamping itu faktor geografis dari tanah juga mempengaruhi terjadinya tanah longsor. Maka sudah menjadi kewajiban bagi siapapun untuk awas terhadap hal ini. Hutan sebagai paru-paru dunia menjadi penting untuk dilindungi, selain dari kebermanfaatannya dalam mengurangi terjadinya tanah longsor.

Pengunaan Teks Eksplanasi dalam Ujian

Penggunaan teks eksplanasi dalam soal ujian umumnya sangat bervariatif, beberapa pertanyaan bisa bermacam-macam, berikut adalah beberapa jenis pertanyaan terkait penggunaan teks eksplanasi antara lain sebagai berikut:

  1. Tentang kalimat yang ada dalam teks eksplanasi yang menunjukan kategori kalimat pendapat.

  2. Pertanyaan mengenai kalimat dari teks eksplanasi yang memenuhi unsur kausalitas atau sebab akibat.

  3. Terkait kalimat dari teks eksplanasi menunjukan kalimat konjungsi atau penghubung bersyarat.

  4. Pertanyaan yang berkaitan dengan pola pengembangan teks eksplanasi.

  5. Terkadang juga seputar pertanyaan mengenai kata penunjuk waktu.

Tips Mengenal dan Mengerjakan Soal Teks Eksplanasi

contoh teks eksplanasi, tips mengerjakan soal teks eksplanasi
pixabay.com

Sebagaimana yang sudah dijelaskan di point ciri teks ekplanasi kamu bisa mengenal teks eksplanasi berdasarkan ciri yang sudah dijelaskan di atas. Hal yang paling utama adalah ketika kamu bisa membedakan bagian dari teks eksplanasi dimulai pernyataan umum, bagian penjelasan, informasi yang dijelaskan adalah informasi yang faktual juga sifatnya ilmiah. Terkadang secara sruktur bagian penjelasan bisa dijelaskan terlebih dahulu dan kemudian dilanjutkan dengan pernyataan umum.

Bicara tentang mengerjakan soal teks eksplanasi, ada beberapa tips yang umum digunakan ketika menghadapi soal teks eksplanasi, tips ini hampir sama ketika kamu menemui soal jenis essay lainnya. Tips mengerjakan soal teks eksplanasi antara lain:

  1. Baiknya dimulai dengan membaca soal beserta pilihannya apabila soal berupa pilihan ganda.

    Keuntungan membaca soal terlebih dahulu adalah kamu bisa mengidentifikasi permasalahan sesuai dengan kebutuhannya. Artinya ketika kamu sudah mengetahui permasalahannya kamu cukup fokus pada permasalahan yang sedang dihadapi. Dengan begitu kamu bisa lebih menghemat waktu ketika mengerjakan soal.

  2. Tandai bagian dari teks sesuai dengan bagiannya masing-masing.

    Setelah membaca pertanyaan dan pilihan ganda maka tahap selanjutnya adalah membaca teks ekplanasi disertai dengan analisis bagian-bagian yang menjadi unsur dari teks ekplanasi . Mengapa perlu ditandai? Agar memudahkan kamu membedakan bagian-bagian penyusunnya. Perlu latihan memang untuk bisa jeli dalam membedakan masing-masing bagian penyusun teks eksplanasi.

  3. Rajinlah membaca baik itu buku, koran, majalah dan jenis bacaan lainnya.

    Point ini adalah bagian dari upaya mengasah khazanah bahasa. Semakin sering kamu membaca maka semakin banyak kosa kata yang kamu miliki. Dengan banyaknya kosa kata yang kamu miliki maka dengan itu bis mempercepat juga memudahkan kamu dalam memahami setiap apa yang kamu baca. Percaya atau tidak semakin sering kamu membaca maka semakin baik pula kemampuanmu dalam menganalisa tulisan, kemampuanmu dalam berkomunikasi dan kemampuan lainnya yang berkaitan dengan kebahasaan.

Penutup

Sampai juga di bagian akhir, tapi bukan yang terakhir ya. Sebagaimana yang dijelaskan di awal bahwa teks eksplanasi merupakan salah satu jenis teks yang sifatnya informatif, memberikan informasi yang sifatnya faktual dan ilmiah. Teks ekplanasi disusun dengan bentuk kausalitas atau sebab-akibat. Teks eksplanasi bisa ditemukan dimanapun mulai dari buku, majalah, koran dan lain sebagainya. Dan dari semua itu hal yang paling utama adalah tingkatkan minat baca ya sobat sebab akan banyak kebaikan yang bisa kamu dapatkan. Mereka yang pandai menulis, pandai mengutarakan berpendapat, pandai dalam memahami keadaan adalah mereka yang salah satunya sering berkutat dengan bacaan, tentu bacaan yang baik dan membangun ya. Semoga bermanfaat!

2 thoughts on “Teks Eksplanasi, Struktur, dan Tips Mengerjakan Teks Eksplanasi Ketika Ujian

Leave a Comment