Contoh Teks Eksposisi, Dilengkapi dengan Struktur, Ciri dan Cara Menyusun Teks Eksposisi

Contoh Teks Eksposisi, Dilengkapi dengan Struktur, Ciri dan Cara Menyusun Teks Eksposisi

Contoh Teks Eksposisi – Pada kesempatan kali ini admin akan mengulas tentang contoh teks eksposisi. Berbicara tentang teks ekposisi, tentu kita langsung teringat dengan pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah. Teks eksposisi merupakan salah satu jenis teks yang kita pelajari. Sama hal nya dengan teks lain, teks eksposisi juga mempunyai ciri-ciri tertentu, struktur kalimat, juga jenis. Di dalam artikel ini juga akan dibahas beberapa contoh teks eksposisi sehingga dengan contoh tersebut harapannya kamu bisa membedakan teks eksposisi dengan jenis teks yang lainnya. Untuk itu, yuk langsung saja kita sama sama ulas pembahasan tentang teks eksposisi.

Pengertian Teks Eksposisi

Sebelum kita membahas lebih dalam tentang teks eksposisi ada baiknya kita tau dulu pengertian teks eksposisi. Penegertian teks eksposisi menurut wikipedia yaitu sebuah paragraf atau karangan yang di dalamnya berisi informasi yang bertujuan untuk menjabarkan atau memberikan pengertian dengan gaya penulisan yang singkat, padat dan akurat.

Struktur Teks Eksposisi

Struktur teks eksposisi, bagian-bagian teks eksposisi
pixabay.com

Sama halnya dengan jenis teks lainnya, teks eksposisi juga memiliki struktur yang jelas dalam penyusunannya. Adapun struktur teks eksposisi yang perlu kita tahu adalah sebagai berikut:

Tesis

Tesis adalah sesuatu yang sangat penting dalam sebuah teks eksposisi karena didalamnya berisi sudut padang penulis tehadap masalah yang menjadi topik bahasan. Bagian tesis dalam sebuah teks eksposisi biasanya berada di awal teks tapi tak jarang pula penulis menaruhnya pada bagian akhir.

Argumen Pendukung

Argumentasi pendukung adalah alasan-alasan yang bisa dijadikan sebagai penguat tesis yang disertakan dengan bukti dan hasil yang diraih. Tetapi dalam prakteknya, terkadang argumentasi kerap digunakan untuk menyanggah atau menolak pernyataan tertentu.

Penegasan Ulang

Penegasan ulang adalah bagian yang menjadi kesimpulan dan penegasan atas beberapa pernyataan yang telah dicantumkan dalam teks eksposisi sejak awal hingga munculnya semua fakta pendukung.

Artikel Terkait:

Ciri Ciri Teks Eksposisi

ciri-ciri teks eksposisi, karakteristik teks eksposisi, ciri contoh teks eksposisi
pixabay.com

Teks ekposisi memiliki ciri-ciri khusus yang membuatnya berbeda dengan jenis teks lain. Adapun ciri-cirinya sebagai berikut:

  1. Informasi disampaikan dengan cara persuasif alias membujuk halus.
  2. Teks disampaikan oleh orang secara jelas dan memakai bahasa baku.
  3. Pengetahuan, wawasan maupun informasi yang disampaikan harus mendetail.
  4. Jangan sampai teksnya memaksakan keinginan penulis pada para pembaca.
  5. Tidak memiliki muatan politik. Teks eksposisi bersifat independen dan tidak subjektif.
  6. Menyertakan keakuratan data yang dapat dipertanggungjawabkan.
  7. Ada fakta konkrit yang dapat dijadikan alat kontribusi.

Cara Menyusun Teks Eksposisi

Kegitan menulis merupakan suatu proses yang tidak sebentar. Untuk menghasilkan tulisan yang bermutu tidak dihasilkan dengan instan melainkan dengan latihan yang konsisten. Begitu pula dalam membuat teks eksposisi. Perlu diketahui bahwa menulis membutuhkan kemampuan berbahasa yang baik. Selain kemampuan berbahasa yang baik, ada beberapa yang harus kamu perhatikan agar dapat membuat teks eksposisi yang baik. Beberapa langkah tersebut, sebagai berikut.

Menentukan Topik

Langkah pertama yang harus dilakukan saat membuat teks eksposisi adalah menentukan tema. Dengan menentukan tema, pada saat menulis kita akan lebih terarah dalam menyelesaikan tulisan kita. Adapun sifat topik-topik yang dikembangkan dalam teks eksposisi, sebagai berikut:

  1. Data faktual, yaitu kondisi yang benar-benar terjadi dan bisa bersifat historis tentang bagaimana suatu alat bekerja, bagaiman suatu peristiwa terjadi, dan sebagainya.
  2. Suatu analisi atau penafsiran objektif terhadap seperangkat fakta.
  3. Fakta tentang seseorang yang berpegang teguh pada suatu pendirian.

Menentukan Tujuan

Setelah menentukan topik yang akan dipaparkan, kita harus memiliki tujuan yang nantinya akan memberikan penjelasan dan pemahaman kepada pembaca.

Memilih Data yang Sesuai dengan Tema

Setelah menentukan tema dan tujuan penulisan, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengumpulkan data atau bahan yang diperlukan dalam penulisan teks eksposisi. Bahan dapat diperoleh dari buku, majalah, pencarian di internet, surat kabar, maupun wawancara langsung.

Membuat Kerangka Karangan

Sebelum mulai menyusun karangan eksposisi, hal yang perlu disusun terlebih dahulu adalah membuat kerangkanya secara lengkap dan sistematis. Dengan adanya kerangka karangan memudahkan kamu dalam mengembangkan pembahasan sesuai dengan batasan-batasan kerangka karangan yang sudah dibuat.

Pembahasan berdasarkan Kerangka Karangan

Setelah kerangka karangan tersusun, mengembangkan secara lebih lengkap lagi agar ciri-ciri eksposisi dapat tersalurkan, eksposisi yang bersifat informatif, objektif, dan logis. Dalam karangan ini, pengarang lebih menjelaskan maksud dari topiknya itu dengan menyertakan bukti-bukti yang konkret sebagai penunjang dari pembahasan itu.

Membuat Kesimpulan

Sesuai dengan tujuan menuliskan sebuah karangan eksposisi, kesimpulan harus sejalan, bahkan harus memperkuat tesis tersebut.

Contoh Teks Eksposisi

Agar kamu bisa lebih mudah dalam memahami seperti apa itu teks eksposisi dibawah ini sudah disajikan beberapa contoh teks eksposisi dengan berbagai macam jenis. Sebenarnya kamu bisa saja membuat contoh eksposisi sendiri namun dibawah ini adalah beberapa contoh teks eksposisi yang sering digunakan sebagai contoh kasus ketika membahas tentang teks eksposisi. Silahkan disimak baik-baik bebeapa contoh teks eksposisi berikut:

Contoh Teks Eksposisi Pendidikan

Sesuai dengan temanya teks eksposisi pendidikan maka teks eksposisi jenis ini berisi informasi dari seputar dunia pendidikan. Berikut adalah contohnya:

Perubahan Kurikulum Pendidikan di Indonesia

Tesis:

Sistem pendidikan Indonesia sudah beberapakali mengalami perubahan dengan tujuan yang sama yakni ingin menciptakan pendidikan nasional yang maju dan mampu bersaing sesuai dengan perkembangan jaman. Perubahan tersebut berhubungan dengan kurikulum yang digunakan dalam dunia pendidikan Indonesia.

Seperti yang terjadi beberapa tahu lalu kurikulum 2006 (KTSP) yang sudah lama digunakan dirubah dengan kurikulum 2013. Meskipun tidak semua sekolah menggunakan kurikulum tersebut.

Argumentasi:

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam beberapa kesempatan memaparkan bahwa, kurikulum 2013 diutamakan pada sekolah-sekolah yang memiliki akreditasi A atau sekolah bertaraf Internasional. Terjangkaunya distribusi buku juga menjadi syarat terhadap sekolah yang melaksanakan kurikulum 2013.

Kemendikbud juga menjelaskan bahwa kurikulum 2013 ini dalam proses pembelajarannya mengacu pada kegiatan mengamati, menanya, menalar, dan mencoba atau mencipta. Melalui kegiatan berikut diharapkan siswa akan mendapatkan pembelajaran bermakana. Kurikulum 2013 juga fokus pada pembangunan sikap, pengetahuan, keterampilan, karakter yang dilandasi pendekatan ilmiah.

Tidak hanya itu, kurikulum 2013 juga menitikberatkan kepada hubungan antara proses belajar dengan rasa syukur pada pemberian Tuhan Yang Maha Kuasa kepada manusia yang diberi berkat untuk mengelola alam ini. Musliar Kasim selaku wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan berpendapat, bahwa Kurikulum 2013 lebih menitikberatkan praktik daripada hafalan. Karena selama ini, siswa banyak dibebani hafalan yang justru dinilai kurang menumbuhkan kreativitas. Melalui Kurikulum 2013 ini, pemerintah ingin mencetak anak bangsa Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif dan afektif.

Dalam kurikulum 2013 setiap siswa dididik agar memiliki pengetahuan, keterampilan, sikap dan karakter. Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Meutia Hatta mengatakan bahwa kurikulum 2013 ini mempunyai tujuan untuk mencetak karakter generasi berkualitas, cinta tanah air dan bangsanya. Tidak hanya itu, kurikulum 2013 juga menonjolkan peran aktif siswa dalam proses pembelajaran, sehingga generasi masa depan tetap mempunyai jati diri sebagai bangsa Indonesia dan berkualitas.

Penegasan Ulang:

Tidak sedikit juga masyarakat yang menolak perubahan kurikulum KTSP menjadi Kurikulum 2013. Berdasarkan kondisi pendidikan Indonesia saat ini dengan pemerataan guru, buku, dan fasilitas yang tidak memadai penerapan Kurikulum 2013 dinilai sangat mendadak dan cenderung dipaksakan.

Bahkan, ada yang berpendapat kurikulum ini kurang fokus sebab menggabungkan dua mata pelajaran yang memiliki substansi pokok yang berbeda. Walaupun mata pelajaran yang akan diajarkan dibuat lebih sederhana, namun tingkat pemahaman dan pengetahuan yang dimiliki siswa akan semakin menurun karena mata pelajaran tersebut tidak dibahas secara utuh dan dibuat secara terpisah pisah.

Contoh Eksposisi Proses

Dalam teks eksposisi jenis ini menyajikan informasi berupa proses. Bisa berupa proses pertumbuhan, penggolahan, distribusi dan sebagainya. Adapun contoh teks eksposisis tentang proses sebagai berikut:

Proses Menghasilkan Padi

Tesis:

Padi dengan nama latin Oryza sativa L merupakan tanaman budidaya yang sangat penting bagi orang Indonesia. Hampir semua masyarakat Indonesia mengkonsumsi nasi yakni hasil olahan padi sebagai makanan pokok sumber karbohidrat. Namun saat ini produksi padi nasional belum mampu mencukupi kebutuhan masyarakat Indonesia.

Sehingga, untuk memenuhi kebutuhan tersebut pemerintah harus mengimpor beras Berdasarkan survey Indonesia menjadi pengimpor beras terbesar di dunia. Hal tersebut mungkin dikarenakan proses penanaman padi di Indonesia masih menggunakan cara tradisional bukan seperti negara pengekspor yang menggunakan teknologi canggih untuk menghasilkan padi.

Argumentasi:

Adapun proses pernamaman padi di Indonesia dimulai dengan memilih benih padi yang baik, dengan menggunakan benih bermutu atau varietas unggul untuk memperoleh bibit yang sehat. Setelah mendapatkan bibit unggul, lakukan tahap persemaian dengan waktu 25 hari sebelum masa tanam. Disela-sela waktu persemaian benih, lakukan pengolahan tanah untuk persiapan lahan untuk menanam.

Pengolahan tanah bertujuan untuk mengubah sifat fisik tanah agar lapisan yang semula keras menjadi datar dan berlumpur sehingga bisa ditanami benih yang sudah siap. Selain itu agar gulma mati dan membusuk menjadi humus. Tahapan pengelolaan tanah sawah pada prinsispnya adalah kegiatan-kegiatan sebagai berikut.

Pertama bersihkan pematang sawah dari rerumputan dan dibuat agak tinggi, agar dapat menahan air selama pengolahan dan mengatur kebutuhan air selama ada tanaman. Selanjutnya adalah pencangkulan di sudut-sudut petakan untuk memperlancar pekerjaan membajak sawah baik menggunakan alat tradisional atau menggunakan traktor. Pembajakan dan pengaruan merupakan kegiatan yang memiliki tujuan agar sawah melumpur dan siap ditanami padi.

Biasanya dilakukan dua kali yaitu agar gumpalan-gumpalan tanah terpecah menjadi kecil-kecil. Selanjutnya dihancurkan lagi hingga menjadi lumpur halus yang merata. Bila proses  pengolahan tanah selesai maka tahap berikutnya adalah penanaman bibit padi di sawah. Bibit ditanam cukup satu bibit per lubang tanaman dengan posisi tegak dan kedalaman 2 cm, jika kurang dari itu maka bibit akan mudah hanyut oleh lumpur dan air.

Lakukan pemupukan tanaman padi, terdapat dua cara yaitu cara pertama waktu tetap yaitu waktu pemupukan ditetapkan terlebih dahulu berdasarkan tahap. Cara kedua, waktu pemberian pupuk berdasarkan nilai pembacaan BWD dimulai tanaman 14 HST, diulangi 7-10 hari sekali. Jangan lupa perawatan dan pemeliharaan tanaman sangat penting. Hal yang dilakukan adalah penyiangan atau pengendalian gulma yang menganggu hidup tanaman padi.

Setalah ada ciri-ciri tanaman padi siap dipanen yaitu daun mengering dan 95% gabah telah menguning, umur optimal 30-35 hari. Jika sudah lakukan pemanenan dan keringkan lalu selanjutnya ikuti proses agar padi bisa menjadi beras dan nasi untuk dimakan.

Penegasan Ulang:

Begitulah proses panjang menanam hingga memanen padi di Indonesia yang masih menggunakan teknologi tradisional, sampai akhirnya tersaji di meja makan kalian. Dengan proses panjang tersebut dan kebutuhan masyarakat Indonesia mungkin alasan mengimpor beras dari luar negeri adalah cara terbaik untuk pemenuhan kebutuhan pokok pangan negeri ini. Kalau tidak, berarti tugas kita generasi penerus bangsa untuk mencari inovasi baru untuk memenuhi kebutuhan beras atau bahkan dapat mengekspor ke negara lain.

Contoh Teks Eksposisi tentang Lingkungan

Sama halnya dengan teks eksposisi lain yang bertujuan untuk memberikan informasi. Hanya saja dalam jenis ini hanya fokus pada informasi seputar lingkungan. Berikut adalah contohnya:

Kebersihan Lingkungan

Tesis:

Kebersihan di lingkungan kerja adalah sesuatu yang penting karena dapat memberikan pengaruh positif terhadapa peforma kerja seseorang dan membuat lingkungan disekitar tempat kerja nampak indah dan rapi.

Seyogyanya, kebersihan lingkungan  kerja mesti ditekankan kepada setiap karyawan. Cara yang paling sederhana adalah dengan membuang sampah (kertas, plastik, kertas cartoon dll) ke tempat sampah. Kemudian sehabis jam kerja menyapu ruangan yang dipakai untuk bekerja.

Argumentasi:

Pembagian tugas piket harian sudah menjadi salah satu cara yang dipakai guna menjaga kebersihan lingkungan kerja. Setiap karyawan yang telah ditugasi pada umumnya melakukan tugas sesuai yang telah disepakati bersama.

Misalnya menyapu ruang kerja, membersihkan sampah di meja, mengepel lantai dan membersihkan kaca. Pada setiap akhir pekan juga selalu diadakan piklet bersama dengan membersihkan seluruh area ruang kerja.

Penegasan Ulang:

Kebersihan lingkungan kerja itu harus menjadi kesadaran bersama, karena hal tersebut adalah faktor penting untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan lingkungan kerja.

Selain itu, menjanga kebersihan adalah salah satu bentuk ibadah dan menjaga kebersihan adalah salah satu ciri orang beriman. Sehingga jika bekerja sambil menjaga kebersihan tempat kerjanya maka seseorang akan terlihat baik di mata Tuhannya.

Contoh Teks Ekposisi tentang Politik

Sesuai dengan temanya teks eksposisi politik maka teks eksposisi jenis ini berisi informasi dari seputar dunia politik. Berikut adalah contohnya:

Hindari Caleg Pelaku Korupsi

Tesis:

Partai politik haru mempunyai suatu standar ketat dalam merekrut calon anggota legislatif yang yang akan mengikuti pemilihan umum. Bagi caleg yang telah bersinggungan dengan kasus korupsi atau pelanggaran HAM, tidak boleh diterima sebagai bakal caleg. Hal ini penting untuk memastikan calon anggota dewan itu benar-benar orang yang mempunyai kredibilitas, kapabilitas dan intregritas.

Tentu saja partai politik memiliki mekanisme khusus dalam hal tersebut. Kriterianya bisa saja tidak sama bagi semua partai politik. Tetapi paling tidak, ada prinsip umum yang harus digunakan semua partai politik dalam menyeleksi anggotanya.

Argumentasi:

Hal ini penting karena banyak bukti dari hasil survey, bahwasanya parlemen baik tingkat pusat maupun regional dinilai lembaga terkorup. Hal ini dipaparkan oleh Wakil Sekretaris Jenderal Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP), Jojo Rohi, berhubungan dengan kriteria dalam menyeleksi calon wakil rakyat oleh setiap partai politik yang akan mendapatkan suara rakyat dalam setiap pemilu.

Penegasan Ulang :

Penetapan standar kriteria caleg yang tegas dan jelas oleh partai politik sangat dibutuhkan terkait dengan siapa saja orang yang pantas untuk diusung menjadi calon wakil rakyat.

Antikorupsi dan pelanggaran HAM menjadi hal utama yang harus dicantumkan dalam kriteria menjaring caleg. Sehingga, caleg yang pernah bersentuhan dengan kasus korupsi ataupun pelanggaran HAM tidak boleh dijadikan sebagai caleg.

Contoh Teks Eksposisi tentang Ekonomi

Teks eksposisi tentang ekonomi adalah teks yang berisi informasi seputar dunia ekonomi bisa berupa pertumbuhan ekonomi atau masalah ekonomi dan masih banyak lainnya. Baik dalam negri ataupun luar negri. Berikut adalah contohnya:

Ekonomi Indonesia

Tesis:

Ekonomi rakyat adalah sektor ekonomi yang berisi kegiatan- kegiatan usaha ekonomi rakyat. Seperti kegiatan ekonomi petani atau peternak atau nelayan kecil, petani gurem, petani tanpa tanah, nelayan tanpa perahu, dan sejenisnya; dan bukan perkebunan atau peternak besar atau MNC pertanian, dan sejenisnya.

Argumentasi:

Perspektif lain dari ekonomi rakyat dapat pula dilihat dengan menggunakan perspektif jargon: “ekonomi dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat”.

“Dari rakyat”, berarti rakyat menguasai dan memiliki hak atas sumberdaya untuk mendukung kegiatan produktif dan konsumtifnya.

“Oleh rakyat”, berarti proses produksi dan konsumsi dilakukan dan diputuskan oleh rakyat. Rakyat memiliki hak atas pengelolaan proses produktif dan konsumtif tersebut. Berkaitan dengan sumberdaya (produktif dan konsumtif), rakyat memiliki alternatif untuk memilih dan menentukan sistem pemanfaatan, seperti berapa banyak jumlah yang harus dimanfaatkan, siapa yang memanfaatkan, bagaimana proses pemanfaatannya, bagaimana menjaga kelestarian bagi proses pemanfaatan berikutnya, dan sebagainya.

“Untuk rakyat”, berarti dari setiap kegiatan produksi dan konsumsi rakyat menerima manfaat, dan indikator kemanfaatan paling utama.

Penegasan Ulang :

Dalam hal ini perlu pula dikemukakan bahwa ekonomi rakyat dapat berkaitan “dengan siapa saja”, dalam arti kegiatan transaksi dapat dilakukan juga dengan “non-ekonomi-rakyat”. Juga tidak ada pembatasan mengenai besaran, jenis produk, sifat usaha, permodalan, dan sebagainya. Ekonomi rakyat tidak eksklusif tetapi inklusif dan terbuka.

Walaupun demikian, sifat fundamental diatas telah pula menciptakan suatu sistem ekonomi yang terdiri dari pelaku ekonomi, mekanisme transaksi, norma dan kesepakatan (“rule of the game”) yang khas, yang umumnya telah memfasilitasi ekonomi rakyat untuk survive dan berkembang sejalan dengan perkembangan sosial ekonomi masyarakatnya.

Contoh Teks Eksposisi tentang Kesehatan

Sesuai dengan jenisnya teks eksposisi kesehetan maka teks eksposisi jenis ini berisi informasi dari seputar dunia kesehatan. Berikut adalah contohnya:

Manfaat Lidah Buaya

Tesis:

Lidah buaya adalah tanaman obat yang memiliki sejuta manfaat dan sudah dirasakan kasiatnya sejak dulu. Manfaat tumbuhan yang bernama latin Aloe Vera ini tidak hanya sebagai penyubur rambut, namun juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.
Lidah buaya memiliki ciri-ciri : daun berbentuk panjang, tebal, dan berwarna hijau. Daunnya mengandung serat bening sebagai daging.

Argumentasi:

Walaupun sejak dahulu dikenal memiliki banyak manfaat, namun belum banyak orang yang mengetahui bahwa tanaman ini memiliki nilai ekonomis tinggi jika diolah dengan baik.
Para peneliti mengungkapkan banyak manfaat dari tanaman serbaguna ini. Di bawah ini akan dijelaskan mengenai manfaat tersebut.

  1. Bagian tertentu dari tanaman lidah buaya dapat menjadi obat yang sangat baik untuk mempercepat proses penyembuhan seperti mengobati bekas luka, luka bakar dan luka karena cedera.
  2. Lidah buaya juga dikenal karena sifat anti- inamasinya. Dengan kata lain, tanaman ini mempunyai kemampuan untuk memperlambat peradangan karena adanya asam lemak. Mengoleskan gel lidah buaya dapat mencegah atau menghentikan peradangan yang disebabkan oleh cedera, disfungsi kekebalan tubuh, dan lain sebagainya.
  3. Melancarkan pencernaan dan membantu detoksikasi tubuh. Tidak hanya itu, lidah buaya merupakan pencahar yang baik dan sangat membantu dalam berurusan dengan sembelit.
  4. Lidah buaya mempunyai efek anti-bakteri dan anti-jamur, sifat ini membuat lidah buaya menjadi salah satu produk alami yang sehat, antioksidan yang kuat, menangkal radikal bebas dan melindungi tubuh.
  5. Gel atau jus dari tanaman lidah buaya secara tradisional digunakan sebagai obat untuk diabetes karena sifatnya yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah

Penegasan Ulang:

Itulah beberapan manfaat dari tanaman lidah buaya, bukan hanya bermanfaat sebagai ramuan penyubur rambut, tetapi justru sebagai makanan alami yang menyehatkan dan dapat di manfaatkan sebagai obat. Ternyata alam sangat lengkap menyediakannya untuk kita tingal bagaimana kita dapat mengolahnya dengan baik.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan beberapa contoh teks eksposisi diatas dapat disimpulkan bahwa teks eksposisi adalah sebuah karangan atau paragraf yang mengandung informasi atau pengetahuan yang mencoba digambarkan dalam bentuk yang padat, singkat dan jelas. Selain itu teks eksposisi bisa disajikan dalam ragam tema sesuai dengan kebutuhan. Demikianlah informasi tentang teks ekposisi. Agar lebih paham, kamu bisa mencoba membuat contoh teks eksposisi sendiri. Selamat belajar.

3 thoughts on “Contoh Teks Eksposisi, Dilengkapi dengan Struktur, Ciri dan Cara Menyusun Teks Eksposisi

Leave a Comment