Fitur yang wajib Terpasang di website, apapun jenis websitenya pastikan fitur ini sudah terpasang di website mu!

Fitur yang wajib Terpasang di website, apapun jenis websitenya pastikan fitur ini sudah terpasang di website mu!

Fitur yang wajib terpasang di website – Zaman sekarang, siapa yang tidak mengenal website. Salah satu produk digital yang penulis kira tidak bakal ada matinya, secara selama ada internet produk digital yang satu ini akan selalu ada. Siapa saja yang terhubung internet baik dengan smarpthone, pc, ataupun laptop dapat dipastikan berinteraksi dengan salah satu produk digital ini. Interaksi itu entah dengan toko online, portal berita, game online, dan produk digital lainnya.

Untuk taraf kebutuhan personal pun, website menjadi salah satu pilihan tepat buat kamu yang ingin berekspresi lebih seperti yang kamu inginkan. Mulai dari kamu yang sekedar berbagi hal tentang keseharian sampai dengan yang ingin secara profesional menjadikan website sebagai media atau sarana untuk menampilkan karya, ya hitung-hitung sebagai tempat promosi karya. Dengan mem-publish karya atau portofolio di website sendiri setidaknya kamu tidak akan khawatir akan melanggar policy. Dan dengan postingan karya-karya tersebut bisa potensinya besar menjadi cv online yang bakal ada selama website kamu bisa diakses.

Hal Penting tentang Website

Sebagai mana judul tulisan ini, memang ada banyak hal yang perlu diperhatikan bagi kamu yang ingin mempunyai atau bahkan sudah memiliki website. Website itu tidak hanya bicara tentang konten yang kamu tulis, ada banyak hal teknis yang perlu kamu ketahui lho mulai dari kecepatan website, tampilan website yang user friendly, sitemap yang mudah dipahami, dan tentunya security website.

Semua aspek itu menjadi sangat penting bagi siapapun yang akan atau sudah memiliki website. Apalagi jika website kamu gunakan untuk jualan atau apapun yang bisa memberikan profit bagi kamu ntah itu berupa materi atau lainnya di masa yang akan datang.

Sekarang lebih spesifik, kita fokus pada poin terakhir tentang fitur yang wajib terpasang di website yang penulis sebutkan di atas yaitu tentang keamanan, banyak aspek lho yang perlu kamu perhatikan terkait keamanan, Fitur yang wajib terpasang di website itu seperti form yang perlu di-protect, biasanya menggunakan fitur no robot misalnya. Sebab biasanya form bisa dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab atau yang biasa disebut spammer. Ya sepele sih jika website itu isinya cuma diary, lha kalo isinya ada transaksi yang sejenis dengan transaksi keuangan atau data produk, bisa brabe kan.

Fitur yang wajib terpasang di website selain protect form sebagai pengaman website dari orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Namanya SSL atau Secure Socket Layer? Pernah dengar SSL? Jika belum, lanjutkan membaca ya.

Apa itu SSL?

keamanan website, ssl murah, ssl berkualitas
pixabay.com

SSL itu sejenis sertifikat dan sering ditemui di url atau link website, biasanya disimbolkan dengan simbol gembok dan terdapat huruf ‘s’ setelah http, sebagai contoh https://bunehaba.com. Tanda lain di tulisan http biasanya berwarna hijau dan bertuliskan ‘Secure’. Kalo link atau url website yang kamu kunjungi memperlihatkan ciri di atas, dapat dipastikan website yang kamu kunjungi tersebut menggunakan sertifikat SSL.

Dikutip dari ilmukomputer.com bahwa SSL itu adalah sebuah protokol keamanan yang digunakan hampir di semua transaksi aman di internet. Jadi SSL itu semacam fitur dengan pola komunikasi yang aman di internet. Dan dalam prosesnya, SSL mengenkripsi semua informasi ataupun data yang masuk lalu mendekripsi ulang agar bisa dipahami oleh pembaca.

Apa Manfaat SSL?

Jelas banyak! Pastinya poin pertama adalah keamanan. Dengan dipasangnya SSL pada website menjamin verifikasi keamanan yang berstandar terlebih jika website merupakan jenis website berkategori toko online dan ecommerce. Maraknya spammer saat ini menjadikan SSL adalah fitur yang wajib terpasang. Akan sangat lucu jika isi website penuh dengan konten spam yang kadang tidak bisa dipahami bahasanya demi memperoleh yang namanya backlink. Selain itu dengan terpasangnya SSL bisa memperkecil resiko pencurian data yang kian hari kian marak terjadi.

Hal lain yang tidak kalah penting. SEO. Google secara terang-terangan menyampaikan bahwa SSL memiliki efek yang cukup berpengaruh pada SEO, berdasarkan pengalaman para webmaster setelah dipasangnya SSL website menjadi lebih mudah terindeks ke halaman pertama Google.

Hal yang terakhir, Trust. Poin yang paling krusial nampaknya, terlebih jika website kamu adalah jenis website yang melibatkan transaksi perdagangan. Karena bagaimanapun customer akan lebih percaya pada website yang dilengkapi dengan fitur keamanan yang standar dan memadai. Dengan sebegitu banyak manfaat yang bisa kamu peroleh, masih ragu memasang SSL di website mu?

Penyedia layanan Sertifikat SSL Murah Berkualitas?

ssl di Hostinger
https://www.hostinger.co.id/

Ada banyak provider yang menyediakan layanan Sertifikat SSL, dan salah satu yang berkualitas yang penulis tahu adalah SSL dari hostinger. Dengan harga yang bersahabat kamu sudah bisa mendapatkan jaminan keamanan tingkat tinggi di websitemu. SSL di Hostinger terbagi menjadi dua jenis yaitu Lifetime SSL Security dan Pro SSL Security. Dimana Lifetime SSL Security memiliki masa aktif seumur hidup dengan level keamanan standar, sedangkan Pro SSL Security dengan masa aktif satu tahun namun dengan level keamanan profesional. Kedua SSL ini sudah support semua browser lho, termasuk support browser mobile.

Jadi jangan khawatir terkendala compatibility. Kamu juga bisa memperoleh sertifikat SSL di hostinger secara gratis dengan membeli paket web hosting bisnis. Jadi jangan ragu menjadikan hostinger sebagai pilihan membeli sertifikat SSL murah berkualitas.

Penutup

Pada akhirnya semua aspek penting dari website itu menjadi batubata penyusun yang bisa menambah kepercayaan atau trust orang lain kepada kita. Apapun itu, baik bicara produk atau jasa kalo bukan kepercayaan apa lagi yang kita cari? Jangan korbankan reputasi website yang sudah susah payah kamu bangun hanya karena enggan memasang SSL. Pastikan website mu aman dan terpercaya!

Leave a Comment