Jenis Teks dalam Bahasa Indonesia yang Perlu Kamu Ketahui, Lengkap dengan Contohnya

Jenis Teks dalam Bahasa Indonesia yang Perlu Kamu Ketahui, Lengkap dengan Contohnya

Jenis Teks dalam Bahasa Indonesia – Hai sobat bunehaba, pada kesempatan kali ini kamu akan belajar tidak jauh dari tema Bahasa Indonesia. Mengapa bahasa Indonesia? Sebab bahasa merupakan elemen yang sangat penting dalam kehidupan. Mengapa bisa begitu? Karena dengan adanya bahasa kita bisa saling berkomunikasi. Banyangkan jika tidak ada bahasa? Kita tidak akan mengerti maksud dari lawan bicara kita, sehingga kita membutuhkan bahasa dan bahasa yang digunakan masyarakat Indonesia adalah bahasa ibu dan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu.

Apa itu Bahasa

apa itu bahasa, definisi bahasa, pengertian bahasa
pixabay.com

Bahasa merupakan media komunikasi baik antar individu, kelompok, bahkan negara. Bicara tentang komunikasi, komunikasi dibagi menjadi dua yaitu komunikasi verbal dan komunikasi non verbal. Salah satu bentuk komunikasi non verbal adalah tulisan. Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia menulis adalah upaya terakhir dari rangkaian kegiatan mendengarkan teks, menanggapi isi teks, dan membaca teks.

Apa itu Teks

Bicara tentang teks, teks sendiri merupakan media atau cara seseorang untuk mengungkapkan sebuah kejadian atau peristiwa secara komunikatif. Terkait teks ternyata dalam bahasa Indonesia itu dikenal beberapa jenis teks dan tidak disangka jenis teks dalam bahasa Indonesia itu lumayan banyak. Dalam Bahasa Indonesia teks dibedakan menjadi 10 jenis, dimana setiap jenisnya memiliki ciri-ciri, struktur kalimat, dan kriteria tertentu yang saling membedakannya. Baca terus artikel ini agar kamu tahu jenis-jenis teks yang ada dalam bahasa Indonesia.

Jenis Teks dalam Bahasa Indonesia

Berikut disajikan jenis – jenis beserta contoh dari teks bahasa Indonesia

Teks laporan

Jenis teks dalam bahasa Indonesia pertama adalah teks laporan. Teks laporan adalah salah satu jenis teks dalam bahasa indonesia yang bertujuan menggambarkan fenomena dari suatu objek,keadaan, atau peristiwa secara lengkap. Teks laporan juga sering disebut sebagai teks klasifikasi karena teks tersebut memuat klasifikasi mengenai jenis sesuatu berdasarkan kriteria tertentu.

Teks Eksplanasi

Jenis teks dalam bahasa indonesia kedua adalah teks eksplanasi. Teks eksplanasi adalah teks yang berisi penjelasan tentang sebab akibat serta proses yang berhubungan dengan fenomena-fenomena alam ataupun sosial yang terjadi disekitar kita, denga harapan para pembaca dapat mengambil pelajaran dari hal tersebut. Berikut ini contohnya:

Proses terjadinya banjir

Pernyataan Umum

Negara Indonesia hampir disetiap wilayahnya mengalami bencana banjir setiap tahun, terutama pada saat musim penghujan. Banjir disebut sebagai bencana alam karena fenomena alam ini sangat merugikan sekali bagi masyarakat. banjir terjadi karena sungai, danau, drainase atau aliran air lainnya tidak mampu menampung debit air yang jumlahnya sangat banyak. Sehingga mengakibatkan air meluap dan memasuki lingkungan sekitarnya.

Kehidupan masyarakat perkotaan yang padat dan tidak tersedianya lahan pemukiman yang memadai mengakibatkan mereka menempati tempat yang seharusnya tidak ditinggali, salah satunya yaitu bantaran sungai. Karena banyak yang tinggal disana mengakibatkan kapasitas dari sungai itu sendiri akan berkurang, ditambah kurangnya kesadaran masyarakat yang membuang sampah ke aliran sungai yang mengakibatkan sungai menjadi dangkal karena tumpukan sampah. Akibatnya juga akan berdampak pada masyarakat itu sendiri yaitu lingkungannya akan terendam banjir.

Deretan Penjelas

Ada dua faktor yang memicu terjadinya bencana banjir, yaitu faktor alam dan faktor sosial. Faktor alam yaitu banjir yang disebabkan oleh alam. Misalnya terjadi curah hujan ekstrim dan terjadi dalam waktu yang cukup lama. Akibatnya, daerah-daerah seperti sungai, danau dan daerah penampung lainnya akan meluap ke daerah pemukiman warga karena tidak bisa menampung kapasitas air yang terlalu banyak. Selain itu, ada juga banjir lahar dingin yang disebabkan karena erupsi gunung berapi.

Faktor kedua yaitu faktor sosial. Faktor sosial ini sering sekali menjadi penyebab terjadinya banjir. Hal ini terjadi karena kebiasaan manusia yang merusak alam. Yang paling terlihat adalah perilaku masyarakat yang sering membuang sampah dialiran sungai dan membangun pemukiman di daerah resapan juga mengakibatkan terjadinya bencana banjir.

Interpretasi

Berdasarkan pemaparan diatas, kita bisa menarik kesimpulan, bahwasanya bencana banjir tidak semata-mata karena faktor alam saja, tetapi masih ada faktor sosial yang mana manusialah yang menjadi pelakunya. Olehkarena itu, kita harus bijak dalam melihat banjir, jangan hanya menyalahkan alam saja, tetapi juga kita harus mengoreksi diri kita masing-masing yang sebenarnya kitalah yang menyebabkan bencana banjir itu terjadi.

Teks Eksposisi

Jenis teks berikutnya adalah teks eksposisi. Teks eksposisi adalah sebuah karangan atau paragraf yang mengandung informasi atau pengetahuan yang mencoba digambarkan dalam bentuk yang padat, singkat dan jelas. Berikut ini contohnya:

Fakta Hukum di Indonesia

Tesis:

Semestinya hukum di Indonesia harus memacu pada Undang-undang yang sudah secara tegas mengatur hukuman untuk para pelaku tindak kejahatan. Akan tetapi, faktanya dilapangan sering kali kita temukan terjadi ketidakadilan hukum yang dapat merugikan banyak orang. Hukum bisa saja tegas jika kasusnya berkaitan dengan masyarakat biasa, namun menjadi mendadak tumpul ketika dihadapkan dengan kaum berkuasa.

Argumentasi:

Sudah menjadi rahasia umum kalau koruptor di Indonesia mendapatkan hukum yang tidak sesuai bahkan tak jarang terbilang sangat ringan jika dibandikan dengan hukuman yang dijatuhakan kepada para pencuri dikalangan masyarakat biasa. Bahkan ada koruptor yang mendapatkan tunjangan fasilitas mewah padahal sudah dianggap merugikan negara.

Hukum di Indonesia itu bisa dibilang runcing ke bawah tumpul ke atas. Contohnya kasus yang pernah menimpa Nenek Asyani. Kasusnya hanya karena diduga mencuri kayu, ia terancam dengan hukuman selama lima tahun penjara. Sungguh ironis dan tidak adil memang, apabila dibandingkan dengan hukuman yang akan diterima oleh koruptor yang telah mencuri miliaran uang negara.

Teks Anekdot

Teks anekdot bukan sekedar cerita lucu yang disajikan melaikan ada fungsi penting yakni mengritik atau menyindir seseorang, instansi, atau kondisi yang terjadi disekitar kita di balut dengan sesuatu yang lucu sehingga tidak menyebabkan pihak lain tersinggung. Berikut ini contohnya:

Tolong Tutup Lagi

Abstraksi

Bagus sedang memancing di sungai belakang rumahnya, Setelah menunggu lama akhirnya Bagus merasa umpannya telah dimakan ikan. Namun, ternyata itu hanya pelasatik yang didalamnya berisi sebuah botol.

Orientasi

Ketika Bagus ingin membuang botol tersebut terdengar “tolong-tolong” dari dalam botol. Karena penasaran Baguspun membuka botol tersebut. Setelah dibuka segumpal uap dan jin tiba-tiba keluar dari botol mengagetkan Bagus.

Krisis

Jin itupun merasa sangat senang dan berjanji akan mengabulkan tiga permintaan Bagus sebagai tanda terima kasih telah membebaskannya.

Reaksi

Lalu Baguspun menyampaikan keinginannya kepada sang Jin “aku menginginkan 3 permintaan, pertama aku ingin nilai rupiah distandarkan dengan dolar. Kedua, hapuskan korupsi di Indonesia. Ketiga, turunkan harga BBM.

Koda

Setelah mendengar permintaan Bagus sang Jin langsung masuk kembali ke dalam botol dan berkata “Tolong tutup kembali botolnya mas, permintaan anda terlalu susah lebih mudah hidup dalam botol”.

Teks Prosedur

Jenis teks dalam bahasa indonesia selanjutnya adalah teks prosedur. Teks Prosedur merupakan teks yang berisi tentang langkah-langkah atau tahap-tahap untuk melakukan sesuatu secara berurutan. Berikut ini contohnya:

Cara Memasak Mie Goreng Instan

Memasak mie goreng instan ada beberapa tahap yang harus dilaukan. Pertama, didihkan air kemudian masukkan mie goring instan ke dalam air yang mendidih. Setelah itu, tuang bumbu mie ke dalam wadah yang sudah disediakan. Setelah mie matang dan ditiriskan, masukkan kedalam wadah yang berisi bumbu tadi dan di aduk-aduk agar mie dan bumbu tercampur rata. Untuk menambah selera kalian bisa tambahkan sayuran, telur, dan potonga danging ayam. Terakhir mie siap dihidangkan.

Teks Negosiasi

Teks negosiasi adalah teks yang berisi interaksi antara pihak-pihak yang mempunyai kepentingan yang berbeda agar mencapai kesepakatan. Berikut ini contohnya:

Negoisasi Meminjam Uang Antara Nasabah Dengan Pihak Bank

Pegawai Bank : Selamat pagi, ada yang bisa saya bantu bu?
Nasabah : Selamat pagi juga bu. Begini bu, saya ingin mengajukan permohonan pinjaman uang untuk bisnis cafe dan restoran.
Pegawai Bank : Baik bisa saya lihat proposalnya?
Nasabah : Silakan di lihat bu
Pegawai Bank : Kami menghargai proposal yang ibu buat ini, isinya sangat bagus. Namun memang saat ini kami belum bisa mengucurkan dana segini
Nasabah : Jadi, bank mampunya berapa bu?
Pegawai Bank : Setelah saya hitung, kami hanya bisa memberikan dana sekitar 200 juta dengan bunga 5 %
Nasabah : Tidak bisa ditambah lagi bu? Usaha ini sangat menjanjikan mengingat lokasi tempat saya strategis dekat kampus dan perkantoran. Dana ini rencananya akan kami gunakan untuk menambah cabang.
Pegawai Bank : Oke baiklah bu, akan saya hitung dulu. “Yah, sayang sekali paling kami hanya bisa memberikan dana sebanyak 350 juta saja.
Nasabah : Apakah tidak bisa di naikan lagi bu? Gimana kalau 400 juta ?
Nasabah : Maaf buk, untuk saat ini belum bisa.
Pegawai Bank : Yasudah kalau begitu nggak ap- apa saya setuju deh bu.

Teks Deskripsi

Teks deskripsi adalah sebuah karangan yang disampaikan dengan cara menggambarkan secara jelas objek, tempat, atau peristiwa yang menjadi topik bahasan. Sehingga pembaca seolah-olah merasakan langsung apa yang sedang diungkapkan dalam teks tersebut. Berikut ini contohnya:

Sekolahku

Sekolahku mempunyai lingkungan yang sangat bersih dan luas. Dengan total 24 kelas dimana setiap angkatan terdiri dari 8 kelas yang posisinya mengelilingi ruang kepala sekolah dan guru, TU, aula, laboratorium, dan musholah. Sekolahku juga memiliki lapangan yang sangat luas yang dilengkapi denga lapanga bola, bulu tangkis dan voly. Selain digunakan sebagai tempat olahraga kami biasa juga memanfaatkannya sebagai tempat upacara. Bagi teman ataupun guru yang membawa kendaraan juga disediakan tempat parkir yang cukup luas tepat depan pintu gerbang sekolah.

Disekolah kami juga tidak ketingalan taman-taman catik dan beberapa gajebo yang disediakan untuk kenyaman kami belajar diluar kelas ataupun untuk beristirahat sambil bergurau dengan sesama teman dan tidak kalah penting disekolah kamipun terdapat kantin dan biasa kami sebut dengan kantin kejujuran yang berada di pojok belakang sekolah. Selain itu, sekolahku mempunyai ruang laboratorium komputer, bahasa, dan IPA.Warna merah dengan kombinasi abu-abu menjadi dominasi warna yang sangat mencolok di sekolahku, Letak sekolahku berada ditengah-tengah sawah sehingga menambah kesejukan dan kenyamana kami dalam belajar.

Teks Perintah

Kalimat Perintah adalah rangkaian kata – kata yang membentuk suatu gagasan yang bertujuan untuk memerintah atau menyuruh seseorang untuk melakukan sesuatu seperti apa yang diinginkan penuturnya. Berikut ini contohnya:

Datanglah tepat waktu ke sekolah !
Cucilah piring setelah kau habiskan masakan itu!
Jangan lupa kau mengunci ruangan itu! dll

Teks Puisi

Puisi adalah karya sastra yang diberi irama sesuai bunyi yang padu dengan pemilihan kata kiasan yang bersifat imajinatif sehingga nampak indah dan penuh makna.

Aku
Cipt: Chairil Anwar

Kalau sampai waktuku
‘Ku mau tak seorang ‘kan merayu
Tidak juga kau
Tak perlu sedu sedan itu
Aku ini binatang jalang
Dari kumpulannya terbuang
Biar peluru menembus kulitku
Aku tetap meradang menerjang
Luka dan bisa kubawa berlari
Berlari
Hingga hilang pedih perih
Dan akan lebih tidak peduli
Aku mau hidup seribu tahun lagi

 

Teks Pantun

Pantun adalah jenis puisi lama, yang memiliki empat baris tiap baitnya, berima abab, dan baris pertama dan kedua merupakan sampiran, sedangkan baris ketiga dan keempat adalah isi. Berikut adalah contoh teks pantun:

Pisang emas dibawa berlayar
Masak sebiji di atas peti
Hutang emas boleh dibayar
Hutang budi dibawa mati

Berikut sudah di jelaskan jenis teks dalam bahasa Indonesia beserta contohnya. Secara garis besar teks merupakan karya tulis yang bertujuan untuk membagi informasi atau pesan secara komunikatif yang membedakannya hanya dalam penyajiannya saja, karena setiap jenis teks memiliki karakteristik dan sturkturnya masing-masing. Semoga artikel ini dapat memberi gambaran atau menambah wawasan kepada sobat sharing tentang jenis – jenis teks dalam Bahasa Indonesia.

1 thought on “Jenis Teks dalam Bahasa Indonesia yang Perlu Kamu Ketahui, Lengkap dengan Contohnya

Leave a Comment