Mengenal Pentingnya Peran Website Content Planner

Mengenal Pentingnya Peran Website Content Planner

Memahami Pentingnya Seorang Website Content Planner

Mengenal Pentingnya Peran Website Content Planner – Mengelola sebuah website bukanlah sebuah pekerjaan yang bisa dipandang sepele. Tak sembarangan orang bisa mengelola website tersebut menjadi sebuah wadah yang bermanfaat dan bisa menarik perhatian banyak orang. Apalagi jika website dipakai untuk kepentingan bisnis. Itulah mengapa peran website content planner sangat penting dan begitu dibutuhkan.

Pengertian

Peran seorang website content planner dianggap begitu penting di era digital seperti sekarang. Maraknya penggunaan website sebagai media untuk berbisnis dan melakukan marketing membuat mereka sangat dibutuhkan. Lalu, apa sebenarnya website content planner itu?

Content planner merupakan orang yang memiliki tanggung jawab dan tugas menyusun perencanaan konten. Dalam hal ini, konten yang dimaksud adalah konten untuk diunggah pada sebuah website.

Baca juga: Mulai dari Security sampai ter-index di halaman pertama Google, Fitur Ini Wajib Terpasang di Website Kamu! 

Seorang content planner akan bekerja sama dengan content strategist. Content strategist memiliki tugas menyusun strategi konten pada sebuah website. Setelah disusun strategi yang tepat, barulah content planner akan mengimplementasikan strategi tersebut dalam bentuk jadwal atau rencana yang tersusun rapi.

Tugas Penting Content Planner

Ada beberapa hal yang harus dilakukan saat Anda ingin membangun sebuah website untuk keperluan bisnis. Setelah beli hosting dan domain, Anda harus menyusun strategi yang tepat agar konten dalam website bisa menarik perhatian banyak orang. Itulah mengapa tim penyusunan konten sangat diperlukan, salah satunya content planner. Berikut adalah beberapa tugas penting dari seorang website content planner.

Menyusun Rencana

content planner menyusun rencana
pixabay.com

Tugas utama seorang website content planner adalah melakukan penyusunan rencana konten. Sebelum membuka website, tentu ada banyak perencanaan yang memang harus dilakukan. Mulai dari perencanaan pemilihan layanan harga hosting murah dan berkualitas, menyusun target pasar, hingga penyusunan rencana konten yang menjadi tugas seorang content planner.

Apa saja yang harus direncanakan oleh content planner? Tentu saja isi konten seperti apa yang akan diunggah di website. Content planner harus paham seperti apa target website yang akan dikembangkan. Sasaran pembaca atau pengunjung juga harus dipahami agar bisa merencanakan konten yang tepat dan bisa menarik perhatian.

Jika website digunakan untuk keperluan bisnis maka penting sekali bagi content planner untuk memahami detail produk yang akan ditawarkan. Target pasar juga harus dikenali sehingga penyusunan rencana konten bisa berjalan dengan baik dan memberikan hasil yang optimal.

Menyusun Jadwal

content planner menyusun jadwal
pixabay.com

Salah satu rencana yang harus disusun oleh seorang content planner adalah jadwal. Content planner harus menentukan waktu yang tepat untuk mengunggah konten di website. Penjadwalan ini dinilai sangat penting karena bisa berpengaruh pada jumlah pengunjung serta perhatian yang bisa didapatkan oleh website tersebut.

Penting sekali bagi content planner untuk membuat sebuah timeline. Timeline ini harus dipatuhi sehingga pengisian konten di website bisa berjalan dengan baik sesuai rencana. Content planner harus memahami kapan saja waktu yang tepat untuk merilis konten-konten yang menarik di sebuah website.

Baca juga: Kamu Butuh CV Online? Berikut Website Penyedian CV Online Gratis!

Tak hanya itu, content planner juga harus paham jadwal-jadwal penting yang dimiliki oleh sebuah bisnis. Biasanya jika Anda punya sebuah toko online, maka Anda punya jadwal-jadwal tertentu. Seperti kapan peluncuran produk baru, kapan mengadakan diskon, kapan ada event khusus, dan lain sebagainya. Hal-hal ini juga akan berpengaruh pada penentuan timeline oleh seorang content planner.

Memastikan Jadwal Berjalan Baik

Seorang content planner juga wajib memastikan bahwa jadwal yang ia susun telah berjalan dengan baik. Perlu diketahui bahwa content planner tidak bekerja seorang diri. Ada pihak-pihak lain yang ikut bekerja seperti content writer misalnya. Content planner perlu memeriksa apakah semua pihak bekerja dengan baik sehingga jadwal editorial berjalan sesuai rencana.Lalu, bagaimana jika jadwal tidak berjalan sesuai yang diharapkan? Tentu saja hal ini menjadi tanggung jawab seorang content planner. Jika jadwal tidak berjalan sesuai harapan, maka dibutuhkan perencanaan ulang dengan pertimbangan yang tepat.

Kemampuan Content Planner

Menjadi website content planner tentu tidaklah mudah. Penyusunan rencana konten tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Dibutuhkan pertimbangan dan tentu saja dasar-dasar yang tepat agar rencana tersebut bisa berjalan dengan baik. Target yang dimiliki oleh sebuah website juga harus tercapai lewat rencana yang dibuat oleh content planner.

Agar bisa menjalankan tugasnya dengan baik, seorang content planner harus punya bekal yang cukup. Berikut adalah beberapa hal yang harus dikuasai oleh content planner.

Paham SWOT

content planner memahami swot
pixabay.com

Anda mungkin sudah sering mendengar apa itu analisis SWOT. Hal ini sangat dibutuhkan untuk mengidentifikasi peluang maupun ancaman yang berhubungan dengan persaingan bisnis atau website yang Anda kembangkan. Analisis SWOT ini akan membantu tugas seorang content planner dalam menyusun rencana konten.

Baca juga: Tips Sukses Sedari Muda, Salah satunya Self Branding dengan Website, Kenapa? Kamu Wajib Baca deh!

Teknik analisis SWOT dinilai sangat efektif untuk membantu seorang content planner dalam memahami kondisi pasar dan target konsumen sebuah bisnis. Jika hal tersebut bisa dipahami dengan baik, maka perencanaan konten akan terlaksana dengan lancar dan hasilnya juga pasti memuaskan.

Tidak hanya memastikan akses website lancar lewat pilihan layanan hosting murah berkualitas, namun Anda juga harus memperhatikan situasi pasar. Analisis SWOT ini akan sangat mendukung target utama dari website Anda yaitu mendapatkan banyak pengunjung. Tentu saja hal ini merupakan bagian dari strategi untuk meningkatkan penjualan dan meraih keuntungan.

Kemampuan Mengikuti Tren

Tidak bisa dipungkiri bahwa seorang content planner harus selalu mengikuti arus tren. Tentu kita semua ingin konten yang dibuat bisa disukai oleh banyak orang, bukan? Memahami tren dan membuat konten berdasarkan tren tersebut tentu akan sangat membantu website Anda mendapatkan banyak pengunjung.

Target promosi juga pasti bisa terpenuhi jika content planner bisa memahami tren tersebut. Namun, perlu diketahui bahwa tren yang diikuti harus sesuai dengan target konsumen yang Anda miliki. Misalnya, target konsumen Anda adalah mahasiswa maka pahamilah tren yang sedang berlangsung di kalangan mereka.

Kreativitas

content planner harus kreativitas
pixabay.com

Tak bisa dipungkiri bahwa seorang content planner haruslah memiliki sisi kreativitas. Seperti kita tahu bahwa saat ini ada banyak sekali jenis website yang bisa ditemukan di internet. Setiap website memiliki konten yang bervariasi temanya. Jika ingin website bisa mendapat perhatian banyak orang, maka dibutuhkan keunikan konten.Di sinilah kreativitas seorang content planner akan diuji. Membangun website tidak hanya dengan sekedar membuat kemudian beli hosting tanpa domain dan domain lalu mengunggah konten. Lebih dari itu, dibutuhkan kreativitas agar konten yang diunggah bisa memiliki nilai tersendiri. Nilai inilah yang kemudian akan menarik perhatian banyak orang sehingga mereka mau mengunjungi website Anda.

Content planner sebaiknya memiliki banyak referensi konten dari berbagai sumber. Semua referensi tersebut bisa dijadikan sebagai sumber inspirasi penyusunan rencana konten. Selain itu, content planner juga sebaiknya memahami betul seperti apa bisnis yang Anda jalankan agar konten tidak melenceng jauh.

Baca juga: Kamu seorang penulis, perlu baca ini, bagus buat wawasan kamu!

Itulah tadi informasi singkat mengenai website content planner. Peran mereka jelas sangatlah penting untuk kemajuan pengembangan website Anda. Kini, Anda siap untuk memulai website bisnis Anda. Langkah pertama adalah dengan menemukan layanan hosting murah berkualitas. Setelah beli hosting dan menentukan domain, susunlah tim konten yang kompeten agar website Anda bisa melejit di dunia maya.

Leave a Comment