Perbedaan AM dan PM, Penjelasan dan Format Penulisan dalam Jam

Perbedaan AM dan PM, Penjelasan dan Format Penulisan dalam Jam

Perbedaan AM dan PM – Masih banyak orang yang bingung terkait perbedaan antara Am dan Pm. Memang wajar untuk orang Indonesia bingung dan tidak terlalu paham pada dua  hal tersebut, karena orang Indonesia memang tidak familiar dan tidak terbiasa menggunakan istilah kedua hal tersebut pada percakapan sehari-hari. Konsep waktu Am dan Pm lebih dikenal di negara pengguna bahasa Inggris.

Bagi orang Indonesia dalam menyebutkan jam hanya menyebutkan angka pada jam dan menit yang tertera pada jam analog yang menggunakan jarum dengan keterangan pagi, siang, sore, atau malam. Sehingga banyak orang menganggap bahwa Am berarti pagi sementara Pm berarti sore atau malam. Agar tidak bingung maka melalui artikel ini kamu akan disajikan berbagai macam terkait Am dan Pm, dimulai dari apa itu Am, apa itu Pm hingga perbedaan dari Pm dan Am itu sendiri. Jadi simak terus artikel ini!.

Pengertian AM dan PM

pengertian am dan pm, definisi am dan pm
from pixabay

Pada jam dinding yang digunakan di banyak tempat pada umumnya merupakan jam dinding dengan 12 jam. Dalam satu hari memang terdiri atas 12 jam, tetapi jam tersebut membagi waktu 24 jam dalam satu hari kedalam dua periode 12 jam, dengan begitu terciptalah konsep Am dan Pm. Sederhananya arti Am dan Pm adalah penyebutan waktu yang membedakan siang dan malam dalam satu hari. Mengutip dari wikipedia, berikut adalah definisi AM dan juga definisi PM.

Pengertian AM

Am adalah singkatan dari ‘ante meridiem’ yang merupakan bahasa Latin dengan arti before noon atau dalam bahasa Indonesia artinya sebelum tengah siang. Rentang waktu pada Am dimulai dari jam 12.00 malam sampai jam 11.59 siang atau bisa disebut sebelum tengah hari. Ketika waktu sudah menunjukkan jam 12.00 siang maka sudah tidak menggunakan Am lagi karena sudah masuk tengah siang.

Pengertian PM

Sedangkan pada Pm memiliki singkatanya itu ‘post meridiem’ yang juga berasal dari bahasa Latin memiliki arti after noon atau dalam bahasa Indonesia artinya setelah tengah siang. Rentang waktu pada post meridiem adalah antara tengah siang atau pukul 12.00 siang sampai dengan tengah malam atau pukul 11.59 malam.

Batas Waktu AM dan PM

Ketika waktu sudah menunjukkan jam 12.00 malam yang dalam hal ini pukul 00.00 maka sudah tidak menggunakan Pm lagi karena sudah masuk tengah malam. Jadi jam 12 sendiri adalah batas antara Am dan Pm, baik jam 12 dini hari dan juga jam 12 siang hari. Tidak seperti biasanya orang Indonesia pada umumnya dengan memberikan keterangan periode tambahan setelah menyebutkan jam, dalam penggunaan Am dan Pm tidak perlu lagi.

Jadi ketika Am atau Pm digunakan pada akhir sebuah kalimat, seperti dalam mobil yang tiba pukul 10.00 Pm, tidak perlu untuk menempatkan periode tambahan di akhir seperti pagi, sore, siang, dan malam.

Perlu diketahui dalam penulisan formal, penulisan yang baik dan benar adalah menggunakan huruf kecil dan diberikan tanda titik pada setiap setelah satu huruf seperti a.m. dan p.m. Namun, jika kamu tetap ingin memilih untuk menggunakan format yang berbeda seperti ( A.M. dan P.M )  atau pun bisa juga dengan ( Am dan Pm ), aturan yang paling penting untuk kamu ketahui adalah kamu harus konsisten sepanjang penulisan.

Tambah Wawasanmu, Simak artikel menarik lainnya:

Perbedaan Am dan Pm

perbedaan am dan pm, beda am dan pm
from pixabay

Untuk lebih memudahkan kamu memahami apa beda Am dan Pm, maka akan dijelaskan secara lebih detail terkait kedua hal tersebut.

Perbedaan AM dan PM: Singkatan

Perbedaan pertama yang membedakan kedua hal tersebut adalah pada singkatannya. Singkatan kedua hal tersebut diambil dari bahasa latin. Pada Am adalah singkatan dari ante meridiem, artinya before noon atau dalam bahasa Indonesia artinya sebelum tengah siang. Sedangkan pada Pm memiliki singkatan yaitu post meridiem yang memiliki arti after noon atau dalam bahasa Indonesia artinya setelah tengah siang.

Perbedaan AM dan PM: Jangka Waktu

Perbedaan kedua yang membedakan kedua hal tersebut adalah pada jangka waktunya. Jangka waktu pada Am adalah antara tengah malam (00.00) hingga tengah siang (12.00). Sedangkan pada Pm memiliki jangka waktu antara tengah siang (12.00) hingga tengah malam (00.00). Walaupun orang Indonesia memang tidak terbiasa menggunakan istilah Am dan Pm dalam penyebutan jam, tetapi setidaknya kita perlu mengerti terkait kedua hal tersebut.

Format Penulisan AM dan PM dalam Jam

Tidak ada perbedaan format penulisan jam baik AM dan PM, cukup memahami bagaimana pembagian waktu dan sebelumnya sudah dijelaskan dengan lengkap bagaimana pembagiannya. Format penulisan baik AM maupun PM sama-sama ditempatkan setelah penulisan Menit. Berikut adalah contoh format penulisan AM dan PM yang baik dan benar juga formal sebagai berikut:

Format Penulisan AM dalam Jam

10:00 a.m.

Format Penulisan PM dalam Jam

10:00 p.m

Sebagaimana yang dijelaskan di paragraf sebeumnya bahwa cara penulisan baik Am dan Pm secara formal ada seperti di atas, namun kamu bisa menggunakan cara yang lain, misal 10:00 AM atau 10:00 PM atau juga dengan format penulisan lain seperti 10:00 Am atau 10:00 Pm. Selama kamu bisa memahaminya itu sudah bagus ya!. Oya kedua contoh tersebut yang membedakan hanyalah pembagian waktu ya.

Konversi Waktu Format 12-Jam ke 24-Jam

Berikut adalah contoh konversi format waktu 12-Jam baik AM maupun PM ke 24-Jam, gunakan aturan perhitungan sebagai berikut:

  • Dimulai dari tengah malam ke 12:59 am, hilangkan 12 jam.
    12:49 am = 0:49 (12:49 – 12)
  • Dimulai dari pukul 1 am ke siang, abaikan.
    11:49 am = 11:49
  • Dimulai dari pukul 12:01 pm ke 12:59 pm, abaikan.
    12:49 pm = 12:49
  • Dimulai dari pukul 1:00 pm menuju tengah malam, tambahkan 12 jam.
    1:49 pm = 13:49 (1:49 + 12)

Sedangkan konversi format 24-Jam ke format 12-Jam adalah sebagai berikut:

  • Dimulai dari pukul 0:00 tengah malam menuju 0:59, tambahkan 12 jam dan tambahkan am.
    0:49 = 12:49 am (0:49 + 12)
  • Dimulai dari pukul 1:00 menuju 11:59, cukup tambahkan am setelah penulisan angka jam.
    11:49 = 11:49 am
  • Dimulai dari pukul 12:00 menuju 12:59, cukup tambahkan pm setelah penulisan angka jam.
    12:49 = 12:49 pm
  • Dimulai dari pukul 13:00 menuju 0:00, hilangkan 12 jam dan tambahkan pm.
    13:49 = 1:49 pm (13:49 - 12)

Format 12 Jam Digunakan Di Negara Mana Saja?

Kebanyakan negara di dunia menggunakan format 24 jam, namun ada beberapa negara yang ternyata menggunakan format 12 jam, negara-negara tersebut adalah Amerika Serikat, Kanada, Slandia Baru, dan Filipina.

Penutup

Kadang kala sering menemukan baik AM dan PM, ternyata yang perbedaan Am dan Pm hanyalah terletak pada pembagian waktu terutama siang dan malam, selebihnya cukup dengan menambahkan baik AM dan PM setelah penulisan menit. Semoga penjelasan waktu Am dan Pm di atas dapat bermanfaat buat Kamu ya.

Leave a Comment