Tips Sederhana untuk Membangun Karir Sukses sedari Muda

Tips Sederhana untuk Membangun Karir Sukses sedari Muda

Tips membangun karir – Saatnya untuk kamu membangun karir mu, tentu siapapun ingin  memiliki karir yang sukses, umumnya orang-orang yang sukses mampu membaca, memahami bagaimana tentang diri mereka sendiri, kelebihan juga kekurangannya dan kemudian mengarahkan potensi itu sebagai bekal meraih kesuksesan di semua sisi kehidupannya termasuk karir.

Kerja keras memang tidak pernah membohongi hasil, kenyataannya mereka yang sukses tidak duduk saja berdiam diri dan menunggu kesempatan atau bahkan menunggu orang lain untuk meminta mereka berkarya. Melainkan mereka, orang-orang sukses selalu berusaha dengan segala sumber daya yang mereka miliki, mereka terus bergerak dengan bekal potensi, passion, dan ide yang mereka miliki dalam membangun karir. Jadi apa yang sebenarnya dilakukan oleh orang-orang sukses itu? Baca terus artikel ini, di artikel ini akan membahas beberapa tips  dasar namun sangat penting yang bisa kamu gunakan untuk membangun kehidupan yang lebih baik.

Baca Juga : Contoh surat lamaran kerja yang bisa kamu gunakan untuk inspirasi karir menyusun surat lamaran kerja.

Tidak ada ceritanya sukses itu diraih tanpa ikhtiar maksimal, berdiam diri, tanpa tindakan nyata dan kemauan yang keras serta fokus. Jika demikian maka sukses akan hanya menjadi mimpi.

Berikut adalah tips membangun karir yang sangat mendasar namun sangat penting, tips membangun karir yang bisa kamu gunakan untuk membangun kesuksesan karir sejak di usia muda:

1. Menyusun Rencana

tips membangun karir: menyusun rencana
pixabay.com

Tips membangun karir yang pertama adalah menyusun rencana. Ya, hal pertama yang orang-rang sukses lakukan dalam mengembangkan karir adalah menyusun rencana. Mereka yang sudah sukses pada mulanya sudah sedari awal memutuskan kemana mereka ingin sukses, menuliskan visi, misi, serta kemana tujuan hidup mereka lalu kemudian menuliskannya kedalam kertas atau buku.

Setelah memahami itu mereka mulai membuat daftar atau list rencana pencapaian yang mendukung visi, misi, serta tujuan hidup mereka. Untuk kebanyakan dari mereka membaginya menjadi rencana jangka pendek dan rencana jangka panjang. Rencana jangka pendek umumnya terdiri atas 12 bulan atau satu tahun sementara rencana jangka panjang terdiri atas lima tahun. Rencana – rencana itu kemudian diterjemahkan kedalam bentuk daftar  aktivitas yang mendukung suksesnya rencana pencapaian. Selain itu kamu juga bisa mulai mendesain mind map agar kamu bisa dengan mudah membuat peta konsep juga pola kamu dalam mengonsep kehidupanmu sekaligus memudahkan kamu agar tetap fokus pada apa yang kamu rencanakan.

Point-nya adalah mereka menyusun rencana, rencana yang menjadi ikhtiar tentunya serta fokus pada eksekusi rencana tersebut. Mereka berusaha belajar dan memahami kemana mereka akan sukses dan tentu rencana menjadi blue print dari karir yang sukses.

Begitu banyak alasan yang diperlukan untuk hal yang penting, dengan ketentuan kecepatan kamu tidak langsung saat membuat tanda tangan ke depan, kamu akan melakukan apa yang sudah kamu lakukan dan eksekusi dengan mudah sehingga kamu akan tetap on the track dari tempat yang sudah disusun . Dengan adanya peningkatan dan menjaga fokus dengan apa yang sudah disusun.

2. Cari Mentor

menemukan kiat mentor Membangun karir sukses
pixabay.com

Kiat-kiat membangun karir kedua adalah memiliki mentor, guru, atau pelatih . Semua bisa saja belajar secara otodidak tentang apa yang dibutuhkan, tetapi percayalah bahwa energi dan waktu yang kamu butuhkan menjadi lebih banyak dan lama. Pendapat ini tidak berarti bahwa ia akan menjadi lebih baik jika ia dibarengi dengan memiliki guru atau mentor yang bisa membimbing dengan segala pengalaman yang dimilikinya. Seperti kata pepatah, “Guru terbaik adalah pengalaman”.

Maka peran orang-orang yang memiliki segudang pengalaman sangat vital dalam meraih kesuksesanmu. Sebab sudah menjadi rahasia umum diluar sana bahwa banyak orang sukses umumnya memiliki seorang guru, teladan, sosok yang bisa menjadi guide, teladan, juga pemandu yang membantu mereka dalam meraih kesuksesan.

Setidaknya mentor itu bisa menjadi rule model pencapaian kesuksesan. Mentorlah nantinya akan membimbing, memotivasi, mengarahkan, memberi nasihat, memonitoring, mengevaluasi semua progress dari apa yang kamu usahakan. Mentor itu banyak macamnya, dimulai dari mentor agama, mentor sosial, mentor bisnis, mentor karir dan lain sebagainya. Kesemua itu penting dalam membangun kesuksesanmu dalam hidup juga karir, baik karir sebagai pebisnis maupun karyawan.

3. Bangun Relasi yang Kuat

tips membangun karir, membangun jaringan
pixabay.com

Tips membangun karir selanjutnya adalah menjalin relasi yang baik dengan orang lain. Saat ini ternyata pintar saja tidak cukup untuk meraih kesuksesan, maka membangun relasi yang baik dengan orang menjadi hal yang vital bagi siapapun yang ingin sukses. Membangun karir sama pentingnya dengan membangun relasi atau jaringan.

Membangun jaringan tentu kepada siapapun yang memiliki potensi membangun. Hal ini berlaku bagi siapapun yang ingin sukses entah sebagai karyawan ataupun pengusaha. Kita dapat melihat bagaimana perbandingan antara orang yang sukses di bidang akademis tapi minim relasi dengan orang biasa namun memiliki banyak relasi dengan orang lain.

Banyak hikmah ketika memiliki relasi yang baik diantaranya saat kamu memiliki banyak relasi maka ketika menghadapi permasalahan akan ada banyak pilihan yang bisa membantu. Memiliki banyak relasi juga bisa memperlancar urusan maupun pekerjaan, disamping itu dengan memiliki banyak relasi kamu akan belajar memahami sifat setiap orang yang kamu temui. Tentu ini sangat bagus dalam membentuk kepribadianmu, menjadikanmu menjadi orang yang sangat luwes dan tentu mengasah kemampuanmu dalam membangun hubungan dengan orang lain.

Salah satu media relasi adalah silaturrahim, dengannya ada dua manfaat pertama menambah usia, yang kedua mempermudah urusan. Oya membangun relasi itu tidak melulu dengan orang baru lho, teman lama pun bisa menjadi relasi yang baik, tidak ada yang tahu nasib seseorang bukan?

Baca juga : Contoh CV menarik yang bisa menjadi referensimu dalam menyusun CV yang menarik!

4. Kenali Potensi dan Skill yang Kamu Butuhkan untuk Sukses

tips membangun karir
pixabay.com

Pada saat kamu menyusun rencana dan mulai membangun relasi yang kuat, kamu juga harus tahu dan paham bagaimana potensi yang kamu miliki juga skill yang kamu butuhkan agar memudahkan kamu dalam meraih kesuksesan. Kembali lagi bahwa peran mentor dalam membantu mengenali bagaimana potensimu menjadi sangat penting disini. Proses menggali potensi ini saling erat kaitannya antara kamu dan mentormu. Maka kamu perlu jujur dan terbuka kepada diri sendiri juga mentormu tentang bagaimana kelebihan dan kelemahanmu. Jika kamu belum tahu mulai dari mana tidak ada salahnya meminta saran dan masukan dari orang-orang yang kamu percaya.

Setelah mengetahui kelebihan dan kekuranganmu maka selanjutnya adalah tentukan langkah-langkah kongkrit untuk mendukung potensimu contohnya dengan mengikuti pelatihan, seminar, membaca buku sebagai penambah wawasan, magang dan lain sebagainya. Lakukan hal-hal yang bisa menambah wawasan juga pengalaman. Itu semua adalah bentuk investasimu untuk masa depan, tetaplah fokus pada tujuan awal.

5. Tetaplah Rendah Hati dan Teruslah Belajar

Percayalah tidak ada manfaatnya ketika sukses sudah ada di genggaman tangan namun membuat kita menjadi ujub dan takabur. Ingatlah bahwa kesuksesan itu sangat mustahil diraih tanpa bantuan orang lain, tanpa doa orang lain. Maka hakikatnya bahwa sukses itu adalah sebuah pemberian dari atas melalui bantuan orang lain juga. Berbagilah inspirasi, ilmu, pengalaman, dan kebermanfaatan kepada yang membutuhkan karena ia akan menjadi amal jariyah yang akan terus memberi syafaat yang tak kan pernah putus.

Penutup

Sampai juga di bagian akhir, tapi bukan yang terakhir. Semua yang dibahas akan menjadi sia-sia jika kita sendiri tidak bergerak, penggerak itu adalah memulai dari diri kita sendiri, tanpa bergerak maka tidak aka beralih kemana-mana. Kita bisa dari diri sendiri dan semoga bisa menjadi contoh bagi orang lain. Untuk memahami apa yang benar-benar dilakukan dengan benar, kamu akan menemukan sesuatu yang benar untuk membentuk sebuah peradaban yang benar. Selamat hari memperbaiki diri sendiri, semoga bermanfaat!

1 thought on “Tips Sederhana untuk Membangun Karir Sukses sedari Muda

Leave a Comment